PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v8i1.11120Keywords:
Pengaruh, PBL, TPS, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self ConfidenceAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis tentang pengaruh penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dan self confidence. Populasi yang diteliti adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, dengan sampel penelitian terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 102 siswa. Kelas VII E dijadikan kelas eksperimen 2 dengan treatment berupa pembelajaran dengan pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Kelas VII D dijadikan sebagai kelas eksperimen 1 dengan treatment berupa pembelajaran dengan pembelajaran dengan pendekatan PBL. Kelas VII C dijadikan sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah dan prescale-postscale self confidence dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic parametrik inferensial yang meliputi uji anova satu jalur (one way anova) dan uji tukey. Pembelajaran menggunakan pendekatan PBL dengan model pembelajaran koopertaif tipe TPS memberikan pengaruh paling baik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self confidence. Pembelajaran dengan pendekatan PBL memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self confidence.
Â
References
Arends, R.I. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Badudu, J.S. dan Sutan Mohammad Zain. 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Depdikbud. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Dewanti, Sintha Sih. 2010. Handout Psikologi Belajar Matematika. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ibrahim dan Suparni. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning, Mempratikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta. Grasindo.
Marsa, Bernando Satria. 2014. Skripsi: Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Confidence Siswa. UNILA Bandar Lampung: Tidak Diterbitkan.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA : NCTM [Online]. Tersedia: www.nctm.org/standards/overvie.htm/. Diakses 14 Maret 2017.
Permendiknas No. 22 Tahun 2006. Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Poedjiadi, Anna. 2010. Sains Teknologi Masyarakat: Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Poerwadarminta, W.J.S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka.
Rondonuvu, L.F. 2013. Skripsi: Hubungan antara Persepsi Komunikasi Internasional Remaja dalam Keluarga dengan Kepercayaan Diri Remaja. FH BINUS: Tidak Diterbitkan.
Rusman. 2012. Model Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Saefuddin, Asis dkk. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: Rosda.
Shadiq, Fadjar. 2014. Pembelajaran Matematika Cara Meningkatkan Berpikir Kritis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruz Media.
Slavin, E Robert. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sudrajat, D. 2008. Program Pengembangan Self Efficacy Bagi Konselor di SMA Negeri Se-Kota Bandung. UPI: Tidak Diterbitkan.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tim Penyusun KBBI. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Trends in International Mathematics and Science Studies (TIMSS). 2011. Overview TIMSS and PIRLS 2011 Achievement. [Online]. Tersedia: http://timssandpirls.bc.edu/. Diakses 5 Februari 2017.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Wardhani, Sri. 2010. Implikasi Karakteristik Matematika dalam Pencapaian Tujuan Mata Pelajaran Matematika di SMP/MTs. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer , Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.