PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v8i1.11117Keywords:
Pendekatan PMRI, Kemampuan Pemecahan Masalah, Adversity QuotientAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan Adversity Quotient (AQ) siswa secara keseluruhan maupun masing-masing level AQ serta ada atau tidak ada interaksi antara pendekatan pembelajaran (PMRI dan konvensional) dengan AQ (Quitters, Campers, Climbers) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan factorial design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Talang Kelapa Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 (Kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII.1 (Kelas kontrol) yang ditentukan secara acak. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Data dianalisis menggunakan uji Independent Samples Test, uji Mann Whitney-U dan analisis deskriptif.  Hasil yang didapat menunjukkan: 1) ada pengaruh yang signifikan pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan AQ siswa secara keseluruhan; 2) ada pengaruh yang signifikan pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan level AQ (Campers, Climbers) siswa. Namun, tidak ada pengaruh yang signifikan pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan level AQ Quitters siswa; dan 3) tidak ada interaksi antara pendekatan pembelajaran (PMRI dan konvensional) dengan AQ (Quitters, Campers, Climbers) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
References
Ayuwanti, I., Tri A.K., & Riyadi. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Group Investigation (GI) Pada Materi Segitiga dan Segiempat Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) SMP Negeri Se-Kabupaten Tulang Bawang Barat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(7) : 694-704.
Bahktiar, H., Usodo, B., & Riyadi. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Problem Posing pada Pokok Bahasan Peluang Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) Siswa Kelas XI SMK di Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(10) : 1127-1137.
Hadi, S. 2017. Pendidikan Matematika Realistik: Teori, Pengembangan, dan Implementasinya, Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.
Kadir. 2015. Statistik Terapan Konsep: Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Krisiandi. 2016, 15 Desember. Daya Imajinasi Siswa Lemah. Harian Kompas, Hal.11.
Mawaddah, S., & Hana A. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. Jurnal EDU-MAT, 3(2) : 166-175.
Saharah, I.N.M., & Baharuddin P. 2016. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD Integral Rahmatullah Tolitoli pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(3) : 178-192.
Sarbiyono. 2016. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(2) : 163-173Stoltz, Paul G. 2000. Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang, (Terjemahan T. Hermaya). Jakarta: Grasindo.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahidin & Sugiman. 2014. Pengaruh Pendekatan PMRI Terhadap Motivasi Berprestasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Prestasi Belajar. Jurnal Pythagoras, 9(1) : 99-109.
Yosheva, N., Kamid, & Rusdi, M. 2013. Pengaruh Pendekatan RME dan AQ Terhadap Kemampuan Kognitif Matematika Siswa Kelas VII SMP. Tekno-Pedagogi, 3(1) : 12-27.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.