PENGENDALI MOTOR INDUKSI SATU FASA DENGAN INVERTER UPWM BERBASIS FPGA

Joko Purwanto, Andi Martanto, Tole Sutikno

Abstract


Frekuensi dan tegangan catu daya adalah dua komponen utama dalam sebuah sistem pengendali motor induksi. Pengendali yang banyak dikembangkan menggunakan inverter dengan metode PWM (Pulse Width Modulation). Keuntungan pembangkitan sinyal PWM berbasis FPGA dibandingkan dengan menggunakan DSP (Digital Signal Processing) dan mikrokontroler  adalah dapat memenuhi tuntutan kecepatan operasi. Penelitian ini bertujuan merancang sebuah pembangkit sinyal UPWM (Uniform Pulse Widtah Modulation) sebagi pengendali inverter satu fasa untuk mengatur kecepatan motor induksi satu fasa. Rancangan dibuat melalui metode penggambaran skematik  dengan perangkat lunak MAX+Plus II Baseline versi 10.2. Rancangan selanjutnya di-compile dengan MAX+Plus II compiler dan diverifikasi dengan MAX+ Plus II Simulator,  kemudian dikonfigurasikan secara perangkat keras pada FPGA Altera ACEX1K50TC144-3. Hasil rancangan digunakan sebagai penggerak rangkaian inverter satu fasa dengan beban sebuah motor induksi. Rangkaian inverter dirancang menggunakan MOSFET SK 727 dengan tegangan masukan DC sebesar 127 V. Plant motor induksi satu fasa yang digunakan pada penelitian ini adalah model Z-406, 125/220, 50 Hz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan sinyal UPWM dapat diwujudkan dalam bentuk hardwere logic pada FPGA dan dapat digunakan untuk men-drive inverter sebagai pengendali motor induksi satu fase. Pengaturan kecepatan pada range 289-1466 rpm.


Keywords


motor induksi, UPWM, FPGA, Inverter, MAX+Plus

Full Text:

PDF

References


. Irwin, J.D., “Industrial Electronics Handbook“, CRC Press and IEEE Press, Boca Raton, Florida, 1997.

. Mohan, N., Undeland, T.M., and Robbins, W.P., “Power Electronics, Converters, Applications, and Design“, Second Edition, John Wiley & Sons, Singapore, 1995.

. Rashid, M.H., “Power Electronic Circuit, Devices And Aplication”, Second Edition, Prentices-Hall International Inc., London,1993.

. Sutikno, T dan Widodo, N.S., “Sistem Pembangkit Pulsa PWM Sinusoida Pada Inverter Pengendali Kecepatan Motor Servo Dua Fasa“, Seminar nasional, Seminar Sistem Tenaga Listrik III (SSTE III), Teknik Elektro, ITS, Surabaya, 2002.