ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAANPRODUK DETERJEN MAKE CLEAN DI KALANGAN LAUNDRY YOGYAKARTA DENGAN METODE STATISTIK UJI BEDA DUA MEAN

Jono Jono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap pengusaha laundry pria dan wanita terhadap deterjen merek Make Clean di kalangan laundry Yogyakarta terhadapt atribut harga, merk, kemasan, promosi dan performansi. Kemudian apakah ada perbedaan sikap antara pengusaha laundry pria dan wanita, dan dari kelima atribut tersebut, atribut manakah yang paling mempengaruhi pengusaha laundry dalam melakukan pembelian produk Make Clean.Data penelitian diambil dengan menggunakan kuisioner, wawancara dan observasi kepada 100 pengusaha laundry sebagai sampel. Sampel diambil dengan menggunakan teknik ramdom sampling. Data yang diperoleh diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas, dianalisis dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.Hasil uji analisis aritmatik mean diketahui bahwa sikap pengusaha laundry terhadap atribut-atribut deterjen merek Make Clean untuk pengusaha pria mempunyai penilaian negatif, sedangkan wanita mempunyai sikap penilaian yang positif. Hasil uji hipotesis tentang sikap pengusaha pria dan wanita secara keseluruhan dengan menggunakan uji beda 2 mean dapat disimpulkan bahwa -1,96 < Zhitung < 1,96(-2,883<- 1,96). Artinya bahwa Analisis sikap pengusaha pria dan wanita secara keseluruhan terhadap atribut produk deterjen merek Make Clean di kalangan laundry kiloan di Yogyakarta ada perbedaan yang signifikan.

Keywords


Analisis; sikap konsumen; aritmetik mean; uji beda 2 mean

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/si.v15i1.6182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal SPEKTRUM INDUSTRI Indexed by:

View Spektrum Industri Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional