PERENCANAAN PRODUKSI MENGGUNAKAN GOAL PROGRAMMING (Studi Kasus di Bakpia Pathuk 75 Yogyakarta)
DOI:
https://doi.org/10.12928/si.v14i2.4913Abstract
Semakin berkembangnya jumlah UKM yang memproduksi bakpia di Yogyakarta maka membuatpersaingan semakin meningkat. Sehingga setiap owner selain harus memiliki inovasi dalam produksi dan
pemasaran, mereka juga harus memiliki perencanaan produksi yang baik untuk mempertahankan
stabilitas keuangan perusahaan. Bakpia Patuk 75 adalah perusahaan yang memproduksi bakpia dengan
berbagai macam varian rasa.Setiap jenis varian yang dijual memiliki harga pokok produksi dan tingkat
permintaan yang berbeda. Namun demikian perencanaan produksi yang dijalankan perusahaan
kadangkala tidak dapat memenuhi permintaan pembeli yang berfluktuasi. Akibatnya seringkali terjadi
kelebihan dan kekurangan produk. Perusahaan berkeinginan meminimalkan biaya produksi dan
sekaligus memaksimalkan sumberdaya yang dimilikinya.dimana kedua tujuan tersebut memiliki sifat yang
saling bertentangan satu sama lain dalam upaya pencapainnya. Untuk membantu memecahkan
permasalahan multi objektif tersebut digunakan pendekatan goal programming. Hasil perencanaan
produksi dengan menggunakan metode Goal Programming ini mampu menghasilkan kombinasi produk
yang dapat dijadikan dasar untuk menentukan jumlah produk yang akan diproduksi berdasarkan
sasaran-sasaran yang diinginkan perusahaan.
Kata kunci : Perencanaan Produksi, Multiple Criteria Decision Making,Goal Programming.
Downloads
Published
2016-10-01
Issue
Section
Article
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.