PERENCANAAN PRODUKSI MENGGUNAKAN GOAL PROGRAMMING (Studi Kasus di Bakpia Pathuk 75 Yogyakarta)

Laila Nafisah, Sutrisno Sutrisno, Yan Ellia H. Hutagaol

Abstract


Semakin berkembangnya jumlah UKM yang memproduksi bakpia di Yogyakarta maka membuat
persaingan semakin meningkat. Sehingga setiap owner selain harus memiliki inovasi dalam produksi dan
pemasaran, mereka juga harus memiliki perencanaan produksi yang baik untuk mempertahankan
stabilitas keuangan perusahaan. Bakpia Patuk 75 adalah perusahaan yang memproduksi bakpia dengan
berbagai macam varian rasa.Setiap jenis varian yang dijual memiliki harga pokok produksi dan tingkat
permintaan yang berbeda. Namun demikian perencanaan produksi yang dijalankan perusahaan
kadangkala tidak dapat memenuhi permintaan pembeli yang berfluktuasi. Akibatnya seringkali terjadi
kelebihan dan kekurangan produk. Perusahaan berkeinginan meminimalkan biaya produksi dan
sekaligus memaksimalkan sumberdaya yang dimilikinya.dimana kedua tujuan tersebut memiliki sifat yang
saling bertentangan satu sama lain dalam upaya pencapainnya. Untuk membantu memecahkan
permasalahan multi objektif tersebut digunakan pendekatan goal programming. Hasil perencanaan
produksi dengan menggunakan metode Goal Programming ini mampu menghasilkan kombinasi produk
yang dapat dijadikan dasar untuk menentukan jumlah produk yang akan diproduksi berdasarkan
sasaran-sasaran yang diinginkan perusahaan.
Kata kunci : Perencanaan Produksi, Multiple Criteria Decision Making,Goal Programming.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/si.v14i2.4913

Article Metrics

Abstract view : 266 times
PDF - 2869 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal SPEKTRUM INDUSTRI Indexed by:

 

View Spektrum Industri Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional