PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN AKTA KELAHIRAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SIX SIGMA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PELALAWAN
DOI:
https://doi.org/10.12928/si.v14i2.4909Abstract
Kepuasan masyarakat merupakan hal yang penting dilakukan oleh pemberi pelayanan publik salahsatunya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Pelalawan. Oleh karena
itu penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi variabel yang mempengaruhi kualitas pelayanan,
mengukur tingkat kualitas layanan yang diberikan saat ini dan memberikan rekomendasi tindakan
perbaikan dalam pembuatan Akta Kelahiran. Pendekatan yang digunakan yaitu dengan menggunakan
Six Sigma. Pada tahap define dilakukan penyebaran kuesioner terbuka, diperoleh 17 variabel yang
mempengaruhi kualitas pelayanan. Selanjutnya dirancang dan disebar kuesioner tertutup. Setelah
dinyatakan Valid dan Reliabel maka penyebaran kuesioner sebenarnya dilakukan untuk mengetahui
tingkat kepuasan dan kepentingan yang dirasakan masyarakat saat ini. Pada tahap Measure dilakukan
pengukuran kondisi saa tini dengan melihat tingkat sigma dan menggunakan diagram IS. Terdapat 8
variabel berada pada kuadran Attention dan 9 variabel berada pada kuadran Bravo.Variabel yang
berada pada kuadran Attention dicari akar penyebab masalah yang umumnya disebabkan oleh faktor
SDM. Pada tahap Analyze digunakan metode 5W-1H. Tahap Improve diketahui elemen-elemen yang
terkait dalam pelayanan pembuatan Akta Kelahiran yaitu pimpinan, staf dan masyarakat. Kemudian SOP
dibakukan dan dioptimalkan pelaksanaanya. Pada tahap Control dilakukan pengawasan pada setiap
proses agar sesuai dengan SOP yang sudah dibakukan.
Kata kunci : DMAIC, Diagram IS, Kualitas Layanan, Six sigma.
Downloads
Published
2016-10-01
Issue
Section
Article
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.