ASSESMENT TINGKAT KEPUASAN DOSEN DENGAN METODE SERVQUEL PADA UNIVERSITAS XYZ

Hana Catur Wahyuni, Wiwik Sumarmi

Abstract


Perguruan tinggi (PT) mempunyai peran penting dalam mengembangkan kehidupan masyarakat
Indonesia. Dosen merupakan unsur dalam PT diharapkan dapat mempunyai kinerja yang baik sehingga
dapat meningkatkan image masyarakat terhadap PT tersebut. Salah satu usaha untuk meningkatkan
kinerja dosen adalah dengan memberikan kualitas layanan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan menentukan jenis atribut kualitas layanan yang perlu diperbaiki. Teknik pengambilan
data dilakukan melalui penyebaran kuisioner berdasarkan dimensi Servquel (tangible, reliability,
responsibility, assuarance, empathy) Responden yang digunakan adalah dosen pada Universitas XYZ
sebanyak 87 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan yang ada saat ini belum
memenuhi harapan dosen, dan jenis atribut yang perlu dipebaiki adalah kebersihan kamar mandi (T6),
kerapian ruang kuliah (T3), Ketersediaan informasi yang terkait dengan pengembangan dosen (informasi
tentang jadwal penelitian, kepangkatan dll) (A17).
Kata Kunci: Servquel, tangible, reliability, responsibility, assuarance, empathy.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/si.v13i1.1839

Article Metrics

Abstract view : 127 times
PDF - 242 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal SPEKTRUM INDUSTRI Indexed by:

 

View Spektrum Industri Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional