INTEGRASI METODE FMEA DAN TOPSIS UNTUK MENGANALISIS RISIKO KECELAKAAN PADA PROSES FRAME AND FORK WELDING

Rama Putra Perdana, Evi Yuliawati

Abstract


PT. Insera Sena, produsen sepeda merk Polygon, telah mendunia dengan berbagai macam
sepeda produksinya seperti city bikes, trekking, MTB, full-suspension, hard-tail bikes, downhill, BMX dan
masih banyak lagi. Dalam proses produksinya, proses frame and fork welding adalah proses dimana
berpotensi tinggi terjadi risiko kecelakaan. Hal ini dikarenakan terdapat banyak mesin yang digunakan
pada proses frame and fork welding yang dapat membahayakan tenaga kerja. Risiko kecelakaan adalah
bagian yang tidak terpisahkan dalam setiap aktivitas perusahaan, sehingga cara terbaik yang dapat
dilakukan adalah mengantisipasi dan melindungi diri terhadap risiko yang berpotensi besar terjadi pada
perusahaan. Saat ini PT. Insera Sena sedang melaksanakan proyek pembentukan tim safety yang
memiliki fungsi yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan kerja tenaga kerja. Dalam rangka
mencegah terjadinya kecelakaan dan timbulnya biaya yang tinggi akibat risiko kecelakaan maka
diperlukan evaluasi dan analisis untuk memperbaiki atau menghilangkan kegagalan sebelum kinerja
sistem menurun.
Penelitian ini memanfaatkan integrasi metode FMEA dan TOPSIS untuk mengetahui tingkat
terjadinya risiko kecelakaan yang terjadi pada proses frame and fork welding PT. Insera Sena, melalui
nilai RPI. Kemudian dengan menggunakan diagram pareto akan ditentukan risiko kecelakaan yang
potensial terjadi pada proses frame and fork welding.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko kecelakaan yang potensial terjadi pada proses frame
and fork welding PT. Insera Sena ada 5 yaitu : tergores mesin gerinda dengan nilai RPI sebesar 0,928,
mata terkena gram pada proses polishing dengan nilai RPI sebesar 0,668, mata terkena percikan gerinda
dengan nilai RPI sebesar 0, 661, mata terkena gram pada proses cutting dengan nilai RPI sebesar 0, 657
dan mata terkena gram pada mesin champer/taper dengan nilai RPI sebesar 0, 641. Berikut adalah
usulan kepada PT. Insera Sena yang dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan terjadinya risiko
kecelakaan potensial, yaitu : memberikan pelatihan pada pekerja, memperketat peraturan, memberikan
APD dan pengaman pada mesin yang ada.
Kata kunci : risiko kecelakaan, risk priority index (RPI), Failure Mode Effect and Analysis (FMEA),
TOPSIS

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/si.v12i1.1648

Article Metrics

Abstract view : 148 times
PDF - 739 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal SPEKTRUM INDUSTRI Indexed by:

 

View Spektrum Industri Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional