MODEL ON THE JOB TRAINING PENINGKATAN KETERAMPILAN MAHASISWA

Authors

  • Suranto Suranto Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/si.v10i2.1626

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model on the job training (pelatihan kerja di industri) mampu meningkatkan kemampuan keterampilan mahasiswa program studi vokasi bidang manufaktur di Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya. Penelitian ini mengambil data pada mahasiswa di Program Studi Vokasi bidang manufaktur sejumlah 20 orang untuk menguji validitas dan reliabilitas angket dan sejumlah 30 orang mahasiswa untuk menguji pengaruh on the job training terhadap kemampuan keterampilan mahasiswa yang meliputi aspek afektif, kognitif dan psikomotorik. Pengumpulan data melalui angket, observasi, dan wawancara. Metode analisis menggunakan regresi untuk mengetahui pengaruh antara variabel on the job training terhadap variabel kemampuan keterampilan mahasiswa. Diketahui hasil persamaan regresi bahwa semakin baik model on the job training diterapkan, maka semakin baik pula peningkatan kemampuan keterampilan yang dimiliki mahasiswa. Besarnya pengaruh model on the job training terhadap keterampilan sebesar 0.701 atau 70.1%. Dihasilkan model pembelajaran on the job training yang dilakukan mampu mempengaruhi peningkatan kemampuan keterampilan calon lulusan program studi vokasi bidang manufaktur. Kata kunci: on the job training, keterampilan, mahasiswa

Downloads

Published

2012-10-01

Issue

Section

Article