MODEL MANAJEMEN KUALITAS MBNQA DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK UKM DI KABUPATEN SIDOARJO

Billy Yhovizmiaji, Wiwik Sulistiyowati

Abstract


UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat. Untuk itu diperlukan manajemen kualitas pada UKM (Usaha Kecil Menengah) untuk meningkatkan daya saing produk yang akan dijual.Metode yang digunakan adalah Malcolm Baldridge National Quality Award (MBNQA) yang digunakan untuk menentukan indikator-indikator yang mempengaruhi daya saing produk. Metode tersebut diintegrasikan dengan Structural Equation Modeling (SEM) untuk mengetahui indikator yang terpenting dalam meningkatkan daya saing produk. Hasil dalam penelitian ini telah menunjukkan bahwa kepemimpinan, perencanaan strategi, pengukuran analisa dan manajemen pengetahuan, fokus sumber daya manusia, dan manajemen proses berpengaruh terhadap daya saing produk UKM (Usaha Kecil Menengah) dan semoga hasil penelitian ini bisa memberikan informasi bagi penulis, dan para pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) di Kabupaten Sidoarjo.

Keywords


UKM; Manajemen Kualitas; MBNQA; SEM

Full Text:

PDF

References


Arnenda, Rizki (2014). Identifikasi Pencapaian Kinerja Perusahaan PT. Pindad (Persero) dengan Menggunakan Metode Malcolm Baldrige, Jurnal Kalibrasi Sekolah Tinggi Teknologi Garut , Vol. 12 No. 1

Fakultas, Marno Nogroho, (2015). Model Peningkatan Kinerja Operasional melalui Praktek-praktek Manajemen Kualitas Pada Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Semarang, Jurnal World Class Islamic University, Vol. 2 No. 1

Gaspersz, Vincent, (2007). Ge Way Malcolm Baldrige Criteria For Performance Excellence, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Jogiyanto, (2011). Konsep dan Aplikasi Structural Equation Modeling Berbasis Varian dalam Penelitian Bisnis, Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan STIM YKPN.

Kurniawan, Asep, (2014). Manajemen Kualitas Pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Di Jawa Barat, Portofolio, Volume 11 No. 1, hal. 77 -93.

Lang, Kana, (2015). Strategi Menciptakan Daya Saing Nilai Produk Usaha Mikro Di Manado (Studi Kasus UD. Kloeman Bakery), Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Volume 15 No. 05

Santoso, Singgih, (2012). Analisis SEM Menggunakan AMOS, Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Sujarweni, V Wiratna, (2015). Statistik Untuk Bisnis dan Ekonomi, Yogyakarta: Pustaka Baru Press. .

Utami, Putri, (2014). Analisis Pengaruh Enam Kriteria Lainnya Dalam Malcolm Baldrige Criteria For Performance Excellence (MBCFPE) Terhadap Kepemimpinan Pada PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk, e-Proceeding of Management Vol.1, No.3.

Wiyono, Karsono, Dewi, Amina Sukma, (2013), Analisis Anteseden Orientasi Pasar dan Pengaruhnya Terhadap Pembelejaran Organisasi UMKM di Eks Karesidenan Surakarta, Semnas Fekon, Optimisme Ekonomi Indonesia 2013, Hal 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/si.v16i2.11539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal SPEKTRUM INDUSTRI Indexed by:

View Spektrum Industri Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional