MODEL MANAJEMEN KUALITAS MBNQA DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK UKM DI KABUPATEN SIDOARJO

Billy Yhovizmiaji, Wiwik Sulistiyowati

Abstract


UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat. Untuk itu diperlukan manajemen kualitas pada UKM (Usaha Kecil Menengah) untuk meningkatkan daya saing produk yang akan dijual.Metode yang digunakan adalah Malcolm Baldridge National Quality Award (MBNQA) yang digunakan untuk menentukan indikator-indikator yang mempengaruhi daya saing produk. Metode tersebut diintegrasikan dengan Structural Equation Modeling (SEM) untuk mengetahui indikator yang terpenting dalam meningkatkan daya saing produk. Hasil dalam penelitian ini telah menunjukkan bahwa kepemimpinan, perencanaan strategi, pengukuran analisa dan manajemen pengetahuan, fokus sumber daya manusia, dan manajemen proses berpengaruh terhadap daya saing produk UKM (Usaha Kecil Menengah) dan semoga hasil penelitian ini bisa memberikan informasi bagi penulis, dan para pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) di Kabupaten Sidoarjo.

Keywords


UKM; Manajemen Kualitas; MBNQA; SEM

Full Text:

PDF

References


Arnenda, Rizki (2014). Identifikasi Pencapaian Kinerja Perusahaan PT. Pindad (Persero) dengan Menggunakan Metode Malcolm Baldrige, Jurnal Kalibrasi Sekolah Tinggi Teknologi Garut , Vol. 12 No. 1

Fakultas, Marno Nogroho, (2015). Model Peningkatan Kinerja Operasional melalui Praktek-praktek Manajemen Kualitas Pada Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Semarang, Jurnal World Class Islamic University, Vol. 2 No. 1

Gaspersz, Vincent, (2007). Ge Way Malcolm Baldrige Criteria For Performance Excellence, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Jogiyanto, (2011). Konsep dan Aplikasi Structural Equation Modeling Berbasis Varian dalam Penelitian Bisnis, Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan STIM YKPN.

Kurniawan, Asep, (2014). Manajemen Kualitas Pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Di Jawa Barat, Portofolio, Volume 11 No. 1, hal. 77 -93.