PERHITUNGAN DAN ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN AIR CONDITIONER PADA GEDUNG KULIAH BHAKTI PERSADA UNIVERSITAS MA CHUNG

Yohannes Yuan Hendy Soegiono, Yuswono Hadi

Abstract


Pembangunan berkelanjutan secara umum didefinisikan sebagai pembangunan untuk memenuhi kebutuhan di masa sekarang dengan tidak mengabaikan kemampuan generasi masa depan dalam memenuhi kebutuhan mereka. Untuk tercapainya perkembangan berkelanjutan diperlukan aksi global untuk menyampaikan aspirasi terhadap kemajuan sosial dan ekonomi, kebutuhan pertumbuhan dan lapangan pekerjaan, dan pada waktu yang sama menguatkan ketahanan lingkungan. Universitas Ma Chung merupakan instansi pendidikan yang dalam kegiatan perkuliahannya menggunakan Air Conditioner (AC) dan penggunaan AC tersebut menimbulkan pengeluaran biaya dari penggunaan energi listrik. Pada penelitian ini, Peneliti menganalisis efisiensi dari segi penggunaan energi listrik dan biaya yang dikeluarkan serta pembuatan skenario usulan untuk mengurangi biaya yang ditimbulkan tersebut. Setelah ditentukan skenario usulan, terbukti skenario usulan dapat mengurangi dampak lingkungan yang ditimbulkan dan berhasil mengurangi biaya yang dikeluarkan sehingga dapat meningkatkan efisiensi sebesar 6,41%.


Keywords


Sustainability; efisiensi; Air Conditioner (AC)

Full Text:

PDF

References


Coelli, T. J. (2005). An Introduction to Efficiency and Productivity Analysis. Edisi 2. Queensland: Springer.

Department of Economic and Social Affairs. (2013). Sustainable Development Challenges. New York: United Nations Publication.

Elliot, J. A. (2006). An Introduction to Sustainable Development. New York: Routledge.

Idawati, P. (2009). Perancangan Sistem Efisiensi Air Conditioner Pada Bangunan dengan Menggunakan Pendekatan Life Cycle Cost dan Life Cycle Assessment Studi Kasus Gedung Kuliah Jurusan Teknik Industri ITS Surabaya. Pertama ed. Surabaya: ITS Library.

McQuiston, F. C., Parker, J. D. (1994). Heating, Ventilating, and Air Conditioning. Edisi 4. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.

Siriwichai, C. (2014). The Influence of Japanese Customer's Demographic on Their Perceptions of Cooperative Agri-food Retailers: The Case of Konohana Garten. Ritsumeikan Journal of Asia Pacific Studies, 33,1-13.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/si.v16i2.11535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal SPEKTRUM INDUSTRI Indexed by:

View Spektrum Industri Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional