PENERAPAN OKALA ECO-DESIGN STRATEGY WHEEL PADA PROYEK DESAIN MAHASISWA PRODUCT DESIGN ENGINEERING

Pierre Yohanes Lubis, Mariano Ramirez

Abstract


Pengajaran desain produk industri yang berbasis keberlanjutan (sustainable product design) adalah aspek pendidikan desain produk industri yang penting dalam pendidikan desain pada umumnya saat ini. Penelitian ini ditujukan untuk memberi pemahaman lebih lanjut mengenai desain produk industri yang berkelanjutan dalam lingkup perguruan tinggi dengan menerapkan metode Okala pada proyek desain mahasiswa Product Design Engineering untuk memperoleh desain-desain yang berkelanjutan dan yang lebih berwawasan lingkungan. Okala Eco-Design Strategy Wheel merupakan metode life cycle assessment yang memberikan pandangan lebih luas bagi desainer produk industri untuk sehingga dapat memperkirakan dampak yang mungkin terjadi dalam masa hidup sebuah produk mulai dari pembuatan hingga saat produk tersebut habis masa pakai/siklus hidupnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metodologi Okala dapat secara cepat dipahami dan dengan waktu yang cukup singkat diterapkan oleh mahasiswa pada proyek desain mereka. Dengan demikian, dalam garis besarnya, metode Okala dinilai dapat memberikan pemahaman lebih kepada mahasiswa khususnya terkait dengan topik desain produk industri yang berkelanjutan.


Keywords


Ecodesign; life cycle assessment; sustainable product design; desain produk berkelanjutan; pendidikan desain produk industri

Full Text:

PDF

References


Duncan, N., Yu, L., Yeung, S., Terzopoulos, D. (2015). Zoomorphic Design. ACM Transactions on Graphics, 34(4), 1-13.

Findeli, A. (2001). Rethinking design education for the 21st century: theoretical, methodological, and ethical discussion. Design Issues, 17(1), 5-17.

ICSID. 1987. ICSID Model Code of Professional Conduct for Designers. Essen: International Council of Societies of Industrial Design.

ICSID. 2001. ICSID Seoul 2001 Industrial Designers Declaration. Seoul: International Council of Societies of Industrial Design.

Papanek, V. J. (1971). Design for the real world: human ecology and social change. London: Thames & Hudson.

Park, M. (2010). Green is not the only colour that matters: Teaching sustainable design and research trajectories. Connected 2010 – 2nd International Conference on Design Education, Sydney, Australia.

Ramirez, M. (2005), 'Ecological Sustainability Integration in Australian Industrial Design', in Futureground: 2004. International Conference of the Design Research Society, Melbourne.

Ramirez, M. (2007). Sustainability integration in industrial design education: a worldwide survey. Connected 2007 International Conference on Design Education, Sydney, Australia. July 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/si.v16i2.11534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal SPEKTRUM INDUSTRI Indexed by:

View Spektrum Industri Stats

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional