Kecerdasan intelektual dan prestasi belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Yogyakarta

Kurniawati Kurniawati, Yuzarion Zubir

Abstract


Belajar merupakan proses internalisasi ilmu pengetahuan dan pengalaman individu dengan hasil pada perubahan perilaku atau ketrampilan. Salah satu tugas seorang pendidik adalah melakukan penilaian terhadap siswa untuk mengukur tingkat keberhasilan proses pembelajaran. Penilaian tersebut dapat berupa angka, huruf atau kata-kata yang lebih umum disebut dengan prestasi belajar. Banyak penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual bukanlah menjadi prediktor utama prestasi belajar, namun keberadaannya masih memiliki pengaruh. Faktor kecerdasan intelektual seseorang masih diyakini mempunyai andil dalam mempengaruhi hasil belajar. Pada penelitian ini, tujuan penelitian adalah ingin melakukan pengujian secara empiris terkait dengan pengaruh kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar siswa.  Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Partisipan pada penelitian ini adalah 40 siswa kelas XI dengan peminatan MIPA yang telah diperoleh dengan teknik sampel acak. Analisis data dengan metode regresi linear sederhana menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual berpengaruh secara positif dan signifikan pada capaian prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan nilai koefisien determinasi (R2), kecerdasan intelektual diprediksikan berkontribusi sebesar 29,4% terhadap prestasi belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini menyimpulkan bahwa kecerdasan intelektual memiliki hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa-siswi kelas XI peminatan MIPA SMA Negeri 8 Yogyakarta

Keywords


kecerdasan; kecerdasan intelektual; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Alfionita, A., & Jamaludin, U., & Fitrayadi, D.S. (2019). Hubungan antara kecerdasan intelektual (IQ) dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Pro Patria: Jurnal pendidikan, kewarganegaraan, hukum, sosial dan politik, 1 (1), 139-149. DOI: https://doi.org/10.47080/propatria.v2i2.589.

Amaliyah, A. (2017). Hubungan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa SD Muhammadiyah 29 Sunggal Deli Serdang. Jurnal ANSIRU, 1 (1), 64-87.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2002). Tes prestasi fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bestari, R.E., & Marhalinda. (2017). Kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual mempengaruhi kinerja karyawan PT Perusahaan Gas Negara (persero) tbk area Bekasi. https://osf.io/z7kch. 10.31219/osf.io/z7kch.

Bungawati, B., Taiyeb, A.M., & Hartati, H. (2018). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Soppeng. UNM Journal of biological education, 1 (2), 191-202.

Carter, P. (2009). Tes IQ dan tes kepribadian. Jakarta: PT Indeks.

Damayanti, D. A. (2016). Pengaruh kecerdasan intelektual dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa SMK Negeri 1 Gending Kabupaten Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 10 (3), 329-336.

Davidoff, L. (2000). Psikologi suatu pengantar. Jakarta: Erlangga.

Depdikbud. (2003). Undang-undang RI N0 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Semarang: Aneka Ilmu.

Dinger, F. C., & Dickhäuser, O. (2013). Does implicit theory of intelligence cause achievement goals? Evidence from an experimental study. International Journal of Educational Research, 61, 38–47. doi: 10.1016/j.ijer.2013.03.008.

Farida, S. (2016). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Kabilah: journal of social community, 1 (1), 198-207. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/ kabilah/article/view/1724.

Fitriana, A., Imron, A., & Arif, S. (2017). Hubungan antara hasil test IQ (Intelligence Quotient) dengan prestasi belajar siswa. PESAGI: Jurnal Penelitian dan Sejarah.

Goleman, D. (2000). Kecerdasan emosi: Mengapa emotional intelligence lebih tinggi daripada IQ, Alih Bahasa: T. Hermay, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Handriani, N., & Subhan, M. (2020). Hubungan kecerdasan intelektual kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar fisika. Edu Grafiti: Jurnal Pendidikan Fisika, 3 (1), 1-4. doi: https://doi.org/10.33627/ge.v3i1.

Harahap, E.S. (2019). Pengaruh kebiasaan belajar dan kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Jurnal education and development, 7 (1), 1-7.

Herlina, L., & Suwatno, S. (2018). Kecerdasan intelektual dan minat belajar sebagai determinan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3 (2), 246-254. doi: 10.17509/jpm.v3i2.11770.

Imas, B. (2014). Implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Imron, M., Busnawir, B., & Samparadja, H. (2016) Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual dan perilaku belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Berpikir Pembelajaran Matematika, 1 (2), 19-30. doi: http://dx.doi.org/10.33772/jpbm.v1i2.8145.

Kurnia, H. (2019). Pengaruh kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan. AoEJ: Academy of eduaction journal, 10 (1), 1-21.

Nurbaeti, N., Nuryanti, S., & Pursitasari, I.D. (2015). Hubungan gaya belajar dengan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa pada pata pelajaran Kimia di kelas X SMKN 1 Bungku Tengah. Mitra Sains, 3 (2), 24-33.

Nurhayati, A.R., & Syahrizal, S. (2016). Hubungan kecerdasan intelektual dengan prestasi belajar santri Dayah terpadu Almadinat Uddiniyah Syamsuddhuha Cot Murong Aceh Utara. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 14 (2), 207-222.

Parauba, I. (2014) Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Going concern, 9 (2), 53-67.

Pratama, A.T., & Corebima, A.D. (2015) Hubungan intelligence quotient (IQ) terhadap capaian prestasi belajar biologi SMA kota Medan. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan, 4 (2), 1-12. doi: http://dx.doi.org/10.33477/ bs.v4i2.534.

Puspatanjali, I.M., Mallo, B., & Hadjar, I. (2015). Pengaruh intelligence quotient dan emotional quotient terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Sausu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3 (1), 115-122.

Rahardjo, M. (2010, Mei). Antara IQ, EQ dan SQ. Diunduh: https://www.uin-malang.ac.id /w/1416650876/18. 10 Januari 2021.

Rosa, E. (2018). Pengaruh persepsi peserta didik atas gaya belajar dan kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris. INFERENCE: Journal of English Language Teaching, 1 (1), 33-42.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja.

Sulastyaningrum, R., Martono, T., Wahyono, B. (2019). pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi pada peserta didik Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bulu tahun ajaran 2017/2018. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4 (2), 1-18.

Suryabrata, S. (2006). Psikologi pendidikan, Jakarta: T. Raja Grafindo Persada.

Zuffianò, A., Alessandri, G., Gerbino, M., Luengo Kanacri, B. P., Di Giunta, L., Milioni, M., & Caprara, G. V. (2013). Academic achievement: The unique contribution of self-efficacy beliefs in self-regulated learning beyond intelligence, personality traits, and self-esteem. Learning and Individual Differences, 23, 158–162. doi: 10.1016/j.lindif. 2012.07.010.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jptp.v2i2.21073

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Copyright (c) 2020 Kurniawati Kurniawati, Yuzarion Zubir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan
Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan
Jalan Pramuka No. 42, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta - 55161
Telp. (0274) 563515, ext. 4902; Fax. (0274) 564604
Email: jptp@psy.uad.ac.id


 e-ISSN: 2715-2456


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats