Hubungan Pola Asuh Otoritatif, Kontrol Diri, Ketrampilan Komunikasi dengan Agresivitas Siswa

Ahmad Muhammad Diponegoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh otoriatif, kontrol diri, ketrampilan komunikasi dengan agresivitas secara terpisah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala Agresivitas, skala Pola Asuh Otoritatif, skala Kontrol Diri, dan skala ketrampilan Komunikasi yang disusun sendiri. Model skala yang digunakan adalah skala Likert. Dalam penelitian ini populasinya adalah siswa kelas X, yang berjumlah 7 kelas dengan jumlah keseluruhan 229 siswa dengan rumus slovien Pengambilan sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa dari 229 siswa yang ada, sehingga diharapkan sampel yang ditetapkan sudah representatif. Hasil penelitian menyebutkan variabel yang memberikan kontribusi terbesar adalah variabel Ketrampilan Komunikasi (X3) yaitu 13,44%, kemudian Pola Asuh (X1) dengan kontribusi 10,11% dan variabel kontrol diri (X2) memiliki kontribusi 3,92%. Hasil analisis pertama memperoleh nilai F = 7,211, p = 0,000 (p < 0,05), dan R2 = 0,213. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara pola asuh otoritatif (X1), kontrol diri (X2), dan Ketrampilan komunikasi (X3) secara bersama-sama terhadap agresivitas (Y).


Keywords


Pola Asuh, Kontrol Diri, Komunikasi, Agresifitas

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v2i2.2578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Universitas Ahmad Dahlan


PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN 2301-6167 (print) | 2528-7206 (online)
Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Association of Guidance Counseling Study Program, ALPTKPTM, Indonesia

Kampus 2, Universitas Ahmad Dahlan
Jln. Pramuka No. 42, Sidikan
Umbulharjo, Yogyakarta 55161, Indonesia
Telp. 0274-563515 ext. 2134

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Visitor Statistics