Efektivitas Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Efikasi Diri Siswa

Sri Widaryati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok terhadap efikasi diri siswa kelas X SMA N 1 Pengasih Kulon Progo. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan metode pre-test dan post-test eksperimen. Pengambilan subyek dalam penelitian ini melalui hasil screening skala efikasi diri dan sampel yang diambil sebanyak 16 siswa yang selanjutnya dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berdasarkan random assigment. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen skala efikasi diri yang sebelum digunakan diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah independen t-test yang sebelumnya diuji prasyarat, yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data gain skor kelas eksperimen dan kontrol memenuhi uji prasyarat yaitu normal dan homogen, selanjutnya dilakukan uji independent t test. Hasil uji independent t test gain skor efikasi diri menunjukkan nilai p-value sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari taraf signifikansi (0,01). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh konseling kelompok yang sangat signifikan terhadap efikasi diri siswa kelas X SMA N 1 Pengasih Kulon Progo.


Keywords


Konseling Kelompok, Efikasi Diri

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v2i2.2576

Article Metrics

Abstract view : 342 times
PDF - 496 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Universitas Ahmad Dahlan

PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling is indexed and abstracted by:


PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN 2301-6167 (print) | 2528-7206 (online)
Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Association of Guidance Counseling Study Program, ALPTKPTM, Indonesia

Address: Kampus 2, Universitas Ahmad Dahlan
Jln. Pramuka No. 42, Sidikan, Umbulharjo, Yogyakarta 55161, Indonesia
Telp. +62 274-563515 ext. 2134

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Visitor Statistics