Peran Kepemimpinan Transformasional dan Kedisiplinan Kerja Terhadap Kinerja Guru TK PNS se-Kecamatan Bantul

Authors

  • Suyatminah Suyatminah Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v2i2.2575

Keywords:

Kepemimpinan transformasional, kedisiplinan kerja, kinerja guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Kepemimpinan Transformasional dan Kedisiplinan Kerja Terhadap Kinerja Guru TK di Kecamatan Bantul dengan jumlah sampel 48 orang. Metode pengumpulan data menggunakan skala Kepemimpinan Transformasional, Skala Kedisiplinan Kerja, dan Skala Kinerja Guru. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi. Hasil analisis menunjukkan ada pengaruh yang positif antara kepemimpinan transformasional dan kedisiplinan kerja terhadap kinerja guru dengan Fhitung 61,650 atau signifikan p < 5% (0,000 < 0,05). Ada pengaruh yang positif antara kepemimpinan transformasional terhadap kinerja dengan nilai t hitung 10,362 dengan p = 000 (p < 0,05). Ada pengaruh yang positif antara kedisiplinan kerja terhadap kinerja guru t hitung sebesar 3,531 dengan p = 0,001 (p < 001).

Downloads

Published

2013-12-01

Issue

Section

Articles