Peran Kepemimpinan Transformasional dan Kedisiplinan Kerja Terhadap Kinerja Guru TK PNS se-Kecamatan Bantul
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Kepemimpinan Transformasional dan Kedisiplinan Kerja Terhadap Kinerja Guru TK di Kecamatan Bantul dengan jumlah sampel 48 orang. Metode pengumpulan data menggunakan skala Kepemimpinan Transformasional, Skala Kedisiplinan Kerja, dan Skala Kinerja Guru. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi. Hasil analisis menunjukkan ada pengaruh yang positif antara kepemimpinan transformasional dan kedisiplinan kerja terhadap kinerja guru dengan Fhitung 61,650 atau signifikan p < 5% (0,000 < 0,05). Ada pengaruh yang positif antara kepemimpinan transformasional terhadap kinerja dengan nilai t hitung 10,362 dengan p = 000 (p < 0,05). Ada pengaruh yang positif antara kedisiplinan kerja terhadap kinerja guru t hitung sebesar 3,531 dengan p = 0,001 (p < 001).
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v2i2.2575
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Suyatminah Suyatminah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN 2301-6167 (print) | 2528-7206 (online)
Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Association of Guidance Counseling Study Program, ALPTKPTM, Indonesia
Address: Main Campus (Campus 4), Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia
Telp. +62 274-563515 ext. 2134
Email: psikopedagogia@journal.uad.ac.id