Strategi Pengembangan Kesehatan Mental Di Lingkungan Sekolah

Fattah Hanurawan

Abstract


Abstrak: Kesehatan mental adalah suatu keadaan psikologis yang menunjukkan kemampuan seseorang untuk mengadakan penyesuaian diri terhadap masalah-masalah yang dihadapi. Pendidik memiliki tugas untuk mengembangkan kesehatan mental pada seluruh komponen sekolah, seperti diri peserta didik, rekan kerja, maupun dirinya sendiri. Kesehatan Kecerdasan emosi dapat membantu keseimbangan kesehatan mental seseorang dalam menghadapi masalah-masalah hidup dalam lingkungan pendidikan. Terdapat berbagai strategi yang dapat dilakukan dalam upaya mengembangkan kesehatan mental.

Kata kunci: kesehatan mental, lingkungan sekolah.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v1i1.2572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fattah Hanurawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN 2301-6167 (print) | 2528-7206 (online)
Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Association of Guidance Counseling Study Program, ALPTKPTM, Indonesia
Address: Main Campus (Campus 4), Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia
Telp. +62 274-563515 ext. 2134

Email: psikopedagogia@journal.uad.ac.id