Peran Biopsikologi Untuk Bimbingan Konseling

Ahmad Muhammad Diponegoro

Abstract


Biopsikologi merupakan istilah yang dikembangkan oleh para ilmuwan yang berhubungan dengan studi tentang hubungan biologi dan perilaku. Konselor dengan memahami biopsikologi dapat memahami persoalan atau kelebihan siswa dengan lebih komprehensif. Masalah sistem biologis individu yang kurang sempurna dapat menjadi penyebab, misalnya organ-organ tubuhnya mengalami kekurangan zat besi. Pemahaman terhadap konsep biopsikologi akan dapat membuat individu lebih melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang. Ia perlu mendalami apakah orang tersebut kekurangan unsur atau mineral-mineral tertentu. Tulisan ini akan membahas manfaat pemahaman tentang manfaat analisis biopsikologis terhada gejala biologis untuk perkembangan siswa.

Kata kunci: masalah belajar; biopsikologi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v1i1.2569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ahmad Muhammad Diponegoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN 2301-6167 (print) | 2528-7206 (online)
Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Association of Guidance Counseling Study Program, ALPTKPTM, Indonesia
Address: Main Campus (Campus 4), Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia
Telp. +62 274-563515 ext. 2134

Email: psikopedagogia@journal.uad.ac.id