Stres dan Strategi Coping pada Siswa yang tidak Lulus Ujian Nasional

Joko Tri Winarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran stres yang dialami siswa yang tidak lulus dalam Ujian Nasional dan strategi coping pada siswa yang tidak lulus Ujian Nasional dalam menyikapi kegagalannya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan tipe fenomenologi, yang lebih berorientasi pada pengungkapan fenomena yang diteliti berdasarkan persepsi responden yang diteliti. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang siswa laki-laki dan perempuan yang dinyatakan tidak lulus dalam Ujian Nasional tahun ajaran 2009/2010. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara semi terstruktur dan ditambah dengan hasil observasi terhadap responden.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres yang dialami siswa yang tidak lulus Ujian Nasional adalah karena adanya persepsi ketidaksesuaian antara prestasi belajar dan usaha yang dilakukan dengan hasil Ujian Nasional yang ia terima. Ketidaksesuaian tersebut memunculkan respon stres baik berupa emosi, fisik, ataupun perilaku. Respon stres tersebut memunculkan perilaku coping pada kedua subjek, adanya perbedaan kemampuan kognitif membuat adanya perbedaan dalam menggunakan strategi coping pada masing-masing subjek. Kedua subjek dalam penelitian ini mengkombinasikan emotion focused coping dan problem focused coping, tetapicenderung lebih banyak menggunakan emotion focused coping.

Kata Kunci : Ketidaklulusan Ujian Nasional, stres, strategi coping.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v1i2.2466

Article Metrics

Abstract view : 657 times
PDF - 491 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Universitas Ahmad Dahlan

PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling is indexed and abstracted by:


PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN 2301-6167 (print) | 2528-7206 (online)
Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Association of Guidance Counseling Study Program, ALPTKPTM, Indonesia

Address: Kampus 2, Universitas Ahmad Dahlan
Jln. Pramuka No. 42, Sidikan, Umbulharjo, Yogyakarta 55161, Indonesia
Telp. +62 274-563515 ext. 2134

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Visitor Statistics