Upaya Meningkatan Eksplorasi Karier Anak Berkebutuhan Khusus

Edi Purwanta

Abstract


Perkembangan karier individu  dimulai sejak masa kanak-kanak. Perkembangan tersebut sejalan dengan perkembangan dirinya. Penguasaan tugas perkembangan merupakan salah satu  realisasi perkembangan kariernya. Demikian juga halnya  dengan anak berkebutuhan khusus. Mereka lebih banyak membutuhkan waktu, stimulasi yang konkret, mempertimbangkan tingkat kekhususan  dan problem yang dihadapinya dalam setiap periode perkembangan kariernya.

Eksplorasi kaier  merupakan  upaya individu untuk lebih memahami diri dan lingkungan karier serta upaya mempertemukan antara kelebihan yang ia miliki dan kesempatan karier yang ada. Eksplorasi karier terjadi setiap jenjang perkembangan karier, dengan tujuan untuk mengenal diri dan lingkungannya, sehingga  ia dapat memperoleh penyesuaian karier yang optimal. Dengan eksplorasi karier yang lengkap diharapkan mereka dapat mencapai perkembangan karier yang optimal sesuai dengan  kekhususannya.

Beberapa upaya meningkatan eksplorasi karier yang sesuai untuk anak berkebutuhan khusus  adalah melalui curriculum infusion, magang  khususnya lewat shelter workshop, experiential learning. Berbagai upaya  tersebut sangat bergantung pada tingkat kekhususannya,  motivasi, dan  keterbukaan  mitra magang.  Bila ketiga hal tersebut diperhatikan  eksplorasi karier  mereka  akan  memperoleh hasil yang optimal.


Keywords


eksplorasi karier; curriculum infusion ; magang; shelter workshop; experiential learning

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v1i2.2462

Article Metrics

Abstract view : 181 times
PDF - 864 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Universitas Ahmad Dahlan

PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling is indexed and abstracted by:


PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN 2301-6167 (print) | 2528-7206 (online)
Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Association of Guidance Counseling Study Program, ALPTKPTM, Indonesia

Address: Kampus 2, Universitas Ahmad Dahlan
Jln. Pramuka No. 42, Sidikan, Umbulharjo, Yogyakarta 55161, Indonesia
Telp. +62 274-563515 ext. 2134

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Visitor Statistics