Efektivitas Teknik Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja (Studi Pre-Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMK Yapema Gadingrejo Lampung)

Edy Irawan

Abstract


Efektifitas teknik bimbingan kelompok untuk meningkatkan konsep diri remaja. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran konsep diri siswa dan keefektifan teknik bimbingan dan konseling kelompok dalam menigkatkan konsep diri remaja. Penelitian dilaksanakan di  SMK Yapema Gadingrejo Lampung, dan yang menjadi subyek penelitian adalah  siswa kelas X sebanyak 10 siswa yang memiliki konsep diri rendah atau negatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design tanpa kelompok kontrol, Adapun desain pre-eksperimntal adalah pre-test dan post-test. Penelitian menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, sedangkan data kuantitatif dianalisis non-parameterik dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan konsep diri dengan menggunakan teknik bimbingan konseling kelompok, hal ini dibuktikan dengan terjadinya perubahan yang signifikan pada diri siswa yang memiliki konsep diri negatif/rendah mengarah pada perubahan konsep diri positif.

Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Konsep Diri Remaja

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v2i1.2459

Article Metrics

Abstract view : 1327 times
PDF - 1684 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Universitas Ahmad Dahlan

PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling is indexed and abstracted by:


PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN 2301-6167 (print) | 2528-7206 (online)
Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Association of Guidance Counseling Study Program, ALPTKPTM, Indonesia

Address: Kampus 2, Universitas Ahmad Dahlan
Jln. Pramuka No. 42, Sidikan, Umbulharjo, Yogyakarta 55161, Indonesia
Telp. +62 274-563515 ext. 2134

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Visitor Statistics