The Effect of Play Therapy in Group Counseling on Junior High School Students’ Social Interaction
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriati, N. 2016. Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 2 No.2. Pontianak: Program Studi Bimbingan Dan Konseling FKIP Universitas Muria Kudus.
Asrori, A. 2009. Hubungan kecerdasan Emosi dan Interaksi Teman Sebaya dengan Penyesuaian Sosial pada Diri Siswa. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Chambless, D. L., & Ollendick, T. H. 2001. Empirically supported psychological interventions. Controversies and evidence: Annual Review of Psychology.
Dwistia, dkk. 2013. Hubungan Interaksi Sosial Peserta Didik Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Bimbingan dan konseling. Lampung: FKIP Universitas Lampung.
Fatnar & Anam, C. 2014. Kemampuan Interaksi Sosial antara remaja yang tinggal di pondok pesantren dengan yang tinggal bersama keluarga. Jurnal Fakultas Psikologi Vol.2, No.2. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.
Geldard et al. 2016. Konseling Anak-Anak. Jakarta: PT. Indeks.
Hatiningsih, N. 2013. Play Therapy Untuk Meningkatkan Konsentrasi Pada Anak Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD). Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan Vol 01, No.02. Malang: Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang.
Hadisumarno, S. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Irawan, E. 2013. Efektivitas Teknik Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja. Jurnal Bimbingan dan konseling Vol 2, No.1. Lampung: Universitas Ahmad Dahlan.
Khalimatussa’diyah. 2011. Upaya Meningkatkan Asertivitas Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas IX Smp Negeri 1 Kandeman Kabupaten Batang. Skripsi. Semarang: Jurusan Bimbingan Dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Loban, dkk. 2017. Model Bimbingan Kelompok menggunakan Games untuk Meningkatkan Hubungan Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling. Semarang: Prodi Bimbingan Konseling Pascasarjana UNNES.
Maunah, B. 2016. Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia.
Mahyuddin, M.J,. 2016. Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Bermain Peran untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Vol 2, No.1. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Maryati, K dan Suryawati. J. 2007. Sosiologi: Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga.
Mc Mahon, L. 2005. The Handbook Of Play Therapy. London: Brunner-Routledge Taylor & Francis e-library.
O’Connor et al. 2016. Handbook Of Play Therapy. America Serikat: Hoboken.
Pitriya, A. 2013. Penggunaan Play Therapy Dalam Konselin Kelompok Untuk Membantu Menyelesaikan Konflik Siswa Kelas VII Di MTs Yapi Sipare-Pare Kabupaten Batu Bara T.A 2012/2013. Medan: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan.
Putri, D.A. 2014. Gestalt Play Therapy Untuk Menangani Masalah Penyesuaian Sosial Studi Kasus Pada Siswa Taman Kanak-Kanak. Seminar Nasional Riset Inovatif II. Bali: Jurusan Bimbingan Konseling, Universitas Pendidikan Ganesha.
Purwanti, E. 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Play Group Alam Matahari-Ku Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Prayitno, dkk. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok & Konseling Kelompok. Bogor: Ghalia Indonesia.
Prayitno & Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling (Cetakan Kedua). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Rasimin & Hamdi. 2018. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Santoso. 2010. Studi Deskriftif Effect Size. Yogyakarta: Jurnal Penelitian Psikologi Universitas Sanata Dharma.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sutja, dkk. 2017. Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Penerbit Wahana Resolusi.
Sutja, A. 2016. Teori dan Aplikasi Konseling dari Psikoanalisa sampai Gestalt. Yogyakarta : WR.
Suryabrata, S. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Setiadi, dkk. 2013. Ilmu Sosial Budaya Dasar (cetakan ketiga). Jakarta: Kencana Prenada media Group.
Suwarjo & Eliasa. 2011. Permainan (Games) dalam Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Soekanto, S. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tohirin. 2007. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah: Berbasis Integrasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Thompson & Henderson. 2007. Counseling Children. Seventh Edition. Belmont, CA : Thompson Brooks/Cole Publishing Company.
Wibowo. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES Press.
Walgito, B. 2011. Psikologi Sosial. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v11i1.16255
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Tiara Maiza Dianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN 2301-6167 (print) | 2528-7206 (online)
Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Association of Guidance Counseling Study Program, ALPTKPTM, Indonesia
Address: Main Campus (Campus 4), Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia
Telp. +62 274-563515 ext. 2134
Email: psikopedagogia@journal.uad.ac.id