FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENOLAKAN PEMAKAIAN PUPUK ORGANIK

Purwoko Purwoko

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini akan menguji faktor-faktor yang mempengaruhi penolakan pemakaian pupuk organik bersubsidi dengan menggunakan kerangka berpikir teori perilaku terencana modifikasi. Latar belakang yang mempengaruhi sikap dalam teori perilaku terencana modifikasi yang dipakai dalam model penelitian adalah variabel nilai kepedulian terhadap alam dan pengalaman. Sedangkan variabel harga, informasi dan minat mempengaruhi perilaku. Pemilihan variabel latar belakang berdasarkan hasil FGD dan in dept interview dan focus group discusison.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sebagai berikut: teknik pengumpulan data dengan non probability sampling,  pengukuran model menggununakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan uji struktural model menggunakan Structural  Equation Modelling (SEM).

Nilai kepedulian terhadap alam tidak mempunyai  pengaruh negatif terhadap sikap petani dalam menolak memakai pupuk organik bersubsidi. Pengalaman mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap sikap menolak memakai pupuk organik bersubsidi. Informasi tentang pupuk organik tidak berpengaruh terhadap minat petani. Harga pupuk organik tidak berpengaruh terhadap minat dan perilaku menolak memakai pupuk organik bersubsidi. Sikap menolak mempunyai pengaruh positif dan  signifikan terhadap minat menolak memakai pupuk organik bersubsidi. Minat menolak memakai pupuk organik bersubsidi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku penolakan pemakaian pupuk organik bersubsidi.

Penelitian ini memberikan model prediktif yang bisa menjelaskan keputusan penolakan pemakaian pupuk organik bersubsidi, sehingga hasil penelitian ini memberikan masukan bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan tentang pupuk organik bersubsidi.

 

 

 


Keywords


nilai kepedulian terhadap alam; pengalaman; informasi; harga; sikap; minat; perilaku menolak

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/optimum.v8i1.8989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Optimum: Jurnal Ekonomi dan Pembangunan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan
Kampus 1 Jalan Kapas 9 Yogyakarta 55166 INDONESIA
Phone: +62-274-563515
E-mail:optimum@uad.ac.id

p-ISSN:1411-6022 | e-ISSN: 2613-9464


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License