ANALSIS PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN HAND PHONE MELALUI E-COMMERCE MOBILE APPLICATION

Hamzah Muhammad Mardi Putra

Abstract


Terjadi peningkatan pembelian mobile phone melalui e-commerce mobile applications. Faktor perilaku dari konsumen seperti Manfaat Aplikasi, Kemudahaan Penggunaan, Kompatibilitas, Sikap Konsumen terhadap Pembelian Handphone melalui Mobile Apps mempengaruhi Kepuasan Konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan perilaku konsumen terhadap pembelian handphone melalui e-commerce mobile application. Metode yang digunakan adalah integrasi TAM (Technology Acceptance Model) dan IDT (Innovation Diffution Technology) yaitu menghubungkan Kegunaan, Kemudahan Penggunaan dan Kompatibilitas dengan Sikap terhadap Penggunaan dan Kepuasan Konsumen. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling dengan cara purposive sampling dan snonwbowling. Jumlah sampel sebanyak 120 responden. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dari Kegunaan, Kemudahan Penggunaan dan Kompatibilitas terhadap Sikap pada Penggunaan Mobile Application. Kegunaan tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen. Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen. Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif terhadap Kegunaan aplikasi Mobile. Sikap berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen.

 

Kata Kunci: Perilaku Konsumen, e-commerce, Mobile Phone, Mobile Application


Keywords


Perilaku Konsumen; e-commerce; Mobile Phone; Mobile Application

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/optimum.v8i1.8590

Article Metrics

Abstract view : 180 times
PDF - 148 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Optimum : Jurnal Ekonomi dan Pembangunan diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan dibawah lisensi a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats