FAKTOR-FATOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA UNTUK BERINVESTASI DI GALERI INVESTASI BURSA EFEK INDONESIA

Deny Ismanto

Abstract


Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari manfaat investasi, modal investasi, return, dan edukasi atau pembelajaran. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UAD. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan sampel yang diambil sebanyak 103 mahasiswa. Analisis data menggunakan metode regresi linear berganda.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel manfaat investasi tidak  berpengaruh terhadap minat investasi karena memiliki nilai signifikansi (0,863>0,05). Variabel modal investasi nilai signifikansi (0,003<0,05), maka modal investasi berpengaruh terhadap minat investasi. Variabel return memiliki nilai signifikansi (0,003<0,05), maka return berpengaruh terhadap minat investasi. Sedangkan variabel edukasi tidak  berpengaruh terhadap minat investasi karena memiliki nilai signifikansi (0,721>0,05). Variable manfaat investasi, modal investasi, return dan edukasi secara simultan berpengaruh terhadap minat investasi dengan nilai signifikansi (0,000<0,05).

 

Kata kunci:  Manfaat Investasi, Modal Investasi, Return, Edukasi dan Minat Investasi


Keywords


Manfaat Investasi; Modal Investasi; Return; Edukasi dan Minat Investasi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/optimum.v9i1.12010

Article Metrics

Abstract view : 617 times
PDF - 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Optimum : Jurnal Ekonomi dan Pembangunan diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan dibawah lisensi a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats