PENGARUH PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PERBANDINGAN ANTARA SISTEM TMH DENGAN SISTEM MANDIRI INHEALTH

Dede Dwi Nathalia, Delina Hasan, MGS Aritonang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan seberapa besar pengaruh pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien antara sistem TMH dengan sistem Mandiri Inhealth. Dari data tahun 2009 sampai dengan 2015 terjadi peningkatan biaya kesehatan PT.TMH dan premi serta pelayanan kesehatan berupa manfaat asuransi (benefit) dan jenis pelayanan kesehatan yang diperoleh pasien PT. TMH tidak bisa tercover seluruhnya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan survei analitik. Pengukuran pelayanan kesehatan (variabel X1 dan X2) menggunakan konsep servqual (dimensi reliability, reponsiveness, assurance, empathy dan tangibles) serta pengukuran kepuasan pasien (variabel Y) dengan dimensi perceive performance dan expectation. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok pasien karyawan aktif dan pensiunan karyawan PT.TMH yang didata pada bulan Juli 2015 sampai dengan November 2015 dengan total jumlah 14.048. Metode pengambilan sampel dengan metode proportionate random sampling maka jumlah sampel yang diambil adalah 100 responden. Subyek penelitian ini adalah karyawan PT.TMH dan pensiunan PT. TMH yang tinggalnya di sekitar Jabodetabek. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil uji t independen dengan nilai p = 0,000 < 0,05 untuk skor pelayanan kesehatan dan skor kepuasan pasien. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa pelayanan kesehatan dengan sistem PT. TMH dan pelayanan kesehatan dengan sistem Mandiri Inhealth mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan pasien, tetapi ada perbedaan yang signifikan pada kedua sistem tersebut dimana pelayanan kesehatan sistem PT.TMH lebih baik dan lebih memuaskan daripada sistem Mandiri Inhealth.


Keywords


pelayanan kesehatan, servqual, kepuasan pasien

Full Text:

PDF

References


Sunartono Y, 2011, Evaluasi Anggaran Dan Konsep Kesehatan Tahun 2012-2016. Jakarta.

Arikunto S. ,2007, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Abuzar A, 2015, Pengambilan Sampel Dalam Penelitian Survei. Cetakan ke satu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Alma B., 2002, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta

Parasuraman A, Zeithaml, Valerie A, Berry L, 1990, A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. J Mark. 49(I):41-50, 235.

Lakmi, Rosita A., 2014, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Rumah Sakit Umum Daerah Badung.

Gerson, F R., 1993, Measuring Customer Satisfaction. Crisp Publications.

Sugiyono., 2003, Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Priyatno D., 2010, Teknik Mudah Dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS Dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Gaya Media; 2010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Media Farmasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Media Farmasi
ISSN (cetak) 1412-7946 (online) 2503-5223
Published by Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Indonesia