EFEK EKSTRAK ETANOL BIJI BUAH KEBIUL (Caesalpinia bonduc L. Roxb) TERHADAP BATU GINJAL TIKUS SPRAGUE DAWLEY YANG DIINDUKSI ETILEN GLIKOL 0,75% DAN AMONIUM KLORIDA 2%

Tiara Rizki Handayani, Sapto Yuliani

Abstract


Penyakit ginjal dapat disebabkan karena ada pembentukan batu yang terbentuk dari komplek kalsium sehingga dapat mengganggu fungsi ginjal. Biji buah kebiul (Caesalpinia bonduc (L.) Roxb) mengandung flavonoid yang dapat mencegah pembentukan endapanbatu di ginjal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek ekstrak etanolbiji buah kebiul pada batu ginjal tikus Sprague Dawley (SD) yang diinduksi etilen glikol 0,75% dan amonium klorida 2%. Sebanyak 30 ekor tikus, dewasa, jantan, dibagi menjadi 6 kelompok yang mendapat perlakuan sebagai berikut: kontrol normal diberi akuades; kontrol sakit, diberi akuades; kontrol positif, diberi obat X dengan dosis 2,7 mL/kg BB, dan kelompok ekstrak diberi ekstrak biji kebiul dengan variasi dosis yaitu 250, 500, dan 1000 mg/kg BB. Induksi batu ginjal dilakukan dengan pemberian etilen glikol 0,75% dan amonium klorida 2% 2 jam setelah pemberian esktrak etanol biji buah kebiul dan obat X  selama 10 hari pada semua kelompok, kecuali kelompok normal. Efek terhadap batu ginjal ditentukan berdasarkan jumlah kalsium urin, kadar kreatinin dan ureum serum. Data jumlah kalsium yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan uji Kruskall Wallis dilanjutkan dengan uji Mann Whitney, sedangkan data kreatinin dan ureum serum yang diperoleh dianalisis dengan one way ANOVA dilanjutkan dengan uji LSD. Signifikansi hasil dinyatakan dengan p<0,05. Jumlah kalsium urin, kadar kreatinin dan ureum serum kelompok ekstrak tidak berbeda bermakna (p>0,05) dibandingkan dengan kelompok kontrol sakit. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian ekstrak etanol biji buah kebiul dosis 250, 500 dan 1000 mg/kg BB tidak memberikan efek pada batu ginjal tikus SD yang diinduksi etilen glikol dan amonium klorida.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, S., 2013, Uji Aktivitas Penghambatan Pembentukan Batu Ginjal (Anti Nefrolitiasis) Ekstrak Etanol dari Herba Pegagan (Centella asiatica (L.) Urban) pada Tikus Jantan, Skripsi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Program Studi Farmasi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.

Brent, J., 2001, Current management of ethylene glycol poisoning, Drugs, 61 (7): 979-988.

Hardiyatmo, G., 1988, Pengaruh Ekstrak Air dan Ekstrak Alkohol Daun Sonchus arvensis L. terhadap Volume Urin Tikus In Vivo dan Pelarutan Batu Ginjal In Vitro, Skripsi, Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Kusrahman, A., 2012, Isolasi Karakterisasi Senyawa Aktif dan Uji Farmaka Ekstrak Biji Kebiul pada Mencit (Mus musculuc) serta Penerapannya dalam Pembelajaran Kimia di SMAN 1 Bengkulu Selatan, Tesis, Program Pascasarjana Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Bengkulu.

Madyastuti, R., Widodo, S., Wientarsih, I., dan Harlina, E., 2015, Infusum Daun Alpukat sebagai Inhibitor Kristalisasi Kalisum Oksalat pada Ginjal, Jurnal Veteriner, 16(4): 525-532.

Nisma, F., 2011, Pengaruh Penambahan Ekstrak Etanol 70% Buah Anggur Biru (Vitis vinifera L.) terhadap Kelarutan Kalsium Batu Ginjal, Jurnal Penelitian, Jurusan Farmasi FMIPA Uhamka, Jakarta.

Ogi, 2001, Batu Ginjal, http://www.metrobanjar.indonesia.com

Prabosh G.R. and Revikumar K.G., 2012, Effect of MUSA Tablet on Ethylene Glycol-Induced Urolithiasis in Rats, International Journal of Reseach in Pharmacuetical and Biomedical Sciences, 3 (3): 2229-3701.

Solicha, U., 2014, Pengaruh Jus Kedondong (Spondias pinnata L.) terhadap Kadar Kreatinin pada Sukarelawan Sehat, Skripsi, Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Sylvia Anderson., Price, Lorraine McCarty Wilson., 2005, Patofisiologi: Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit, diterjemahkan oleh Brahm U.;editor edisi bahasa Indonesia, Huriawati Hartanto; Edisi Ke-6.,EGC, Jakarta.

Vogel. R., 1990, Buku Teks Analisis Anorganik Kualitatif Makro dan Semi Makro, diterjemahkan oleh Setiano, L., Hadyana Pujaatmaka, PT. Kalman Media Pustaka. Jakarta.

Wientarsih, I., Harlina, E., Madyastuti, R,P., Trisnaning, I, H, U., 2014, Aktivitas Ekstrak Etanol Daun Alpukat terhadap Zat Nefrotoksik Ginjal Tikus. Veteriner. 15 (2):246-251.

Wientarsih, I., Madyastuti, R., Febran, B, P., Firnanda, D., 2012, Gambaran Serum Ureum dan Kreatinin pada Tikus Putih yang Diberi Fraksi Etil Asetat Daun Alpukat, Veteriner 13 (1):57-62.

Wijaya, C., 2014, Efek Sediaan Herbal Kalkugama terhadap Kalsium Urin dan Histopatologi Ginjal Tikus Urolitiasis karena Induksi Etilen Glikol, Skripsi, Fakultas farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/mf.v13i2.7774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Media Farmasi
p-ISSN 1412-7946 | e-ISSN 2503-5223
Published by Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Indonesia
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/Media-Farmasi/index
Email: mediafarmasi@pharm.uad.ac.id


Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License


View Media Farmasi Stats