Pengaruh Pemberian Layanan Pesan Singkat Pengingat Terhadap Kepatuhan Dan Efektivitas Pengobatan Pasien Hipertensi di Puskesmas Kecamatan Sumbang Banyumas

Nur'aeni Nur'aeni, Anjar Mahardian K, Githa Fungie G

Abstract


Problem terapi hipertensi diantaranya ketidakpatuhan pasien terhadap terapi non farmakologi dan farmakologi . Ketidakpatuhan pengobatan hipertensi disebabkan oleh berbagai faktor antara lain pengetahuan dan komunikasi pasien dengan tenaga kesehatan. Penelitian Alfian (2014) menyatakan bahwa pemberian layanan pesan singkat pengingat dapat meningkatkan kepatuhan minum obat pasien hipertensi yang diukur dengan parameter kuesioner Morisky Medication Adherence Scale (MMAS) dari 3,4±0,69 menjadi 6,7±0,82 (p<0,05) dan dapat menurunkan tekanan darah pasien hipertensi dengan rata-rata sistolik 17,92±12,20 mmHg dan rata-rata diastolik 9,17±8,9 mmHg (p<0,05). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian layanan pesan singkat pengingat terhadap kepatuhan dan efektivitas pengobatan pasien hipertensi di Puskesmas Kecamatan Sumbang Banyumas. Penelitian dilakukan dengan rancangan analitik cross-sectional dengan pengambilan data secara prospektif pasien hipertensi selama bulan Januari-Februari 2016. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Subyek yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 75 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan melihat nilai Medication Possession Ratio (MPR) dan data tekanan darah dari rekam medik. Hasil menunjukan bahwa pemberian layanan pesan singkat pengingat tidak berpengaruh terhadap kepatuhan dan efektivitas pengobatan pasien hipertensi dimana kepatuhan p value uji chi-square 0,102 (P>0,05) dan efektivitas p value uji chi-square = 0,899 (P>0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan pesan singkat pengingat tidak berpengaruh terhadap kepatuhan dan efektivitas pengobatan pasien hipertensi di Puskesmas Kecamatan Sumbang Banyumas.

 

Kata kunci: Hipertensi, Layanan pesan singkat pengingat, Kepatuhan, MPR, Efektivitas pengobatan, Puskesma

s.


Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan, 2006, Pharmaceutical Care Penyakit Hipertensi, Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2013, Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). Jakarta: Badan penelitian dan pengembangan kesehatan kementrian Republik Indonesia.

Word Health Organization, 2013, A global brief on Hipertension. World Health day.

Alfian, R., 2014, Layanan pesan singkat pengingat untuk meningkatkan kepatuhan dan menurunkan tekanan darah pasien hipertensi di RSUD Dr. H. Moch Ansari Saleh Banjarmasin, Jurnal Media Farmasi vol.11 (2). Hal.189-196.

Dahlan, M.S., 2012, .Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan Edisi ke-5. Jakarta: Salemba Medika.

Febiyanti, K., 2012, Pengaruh ceramah kesehatan terhadap kepatuhan dan tekanan darah pasien hipertensi di Puskesmas Kecamatan Beji Kota Depok, Tesis, Depok: Universitas Indonesia.

Jaya, NTA., 2009, Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kepatuhan pasien dalam minum obat anti hipertensi di puskesmas Pamulang kota

Tanggerang Selatan, Skripsi, Jakarta: Universitas Islam Negeri syarif Hidayatullah.

Lestari, D. D., 2015, Pengaruh pendidikan kesehatan dan sms rimender terhadap kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet besi di wilayah kerja Puskesmas Pisangan, Skripsi, Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Putri, R.A., 2012, Analisis efektivitas pemberian konseling dan pemasangan poster terhadap tingkat kepatuhan dan nilai tekanan daearh pasien hipertensi di Puskesmas Bakti Jaya kota Depok, Tesis, Jakarta: Universitas Indonesia.

Rina, M.W., Mustofa, Ika P., 2015, Pengaruh konseling apoteker komunitas terhadap pasien hipertensi, Jurnal Managemen dan Pelayanan Farmasi, volume 5 (1).

Robertson TA, Cooke CE., 2008, Effect of medication burden on persistent use of lipid lowering drugs among patients with hypertension, Journal Am J Manag Care, 14(11):710-16.

Suhadi, 2010, Evaluasi ketaatan penggunaan antihipertensi di Apotek X Yogyakarta Periode Tahun 2009 Berdasarkan parameter Medication Possession Ratio, Jurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia, Vol. 9. (1) Hal.53-59.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/mf.v13i1.5745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Media Farmasi
p-ISSN 1412-7946 | e-ISSN 2503-5223
Published by Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Indonesia
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/Media-Farmasi/index
Email: mediafarmasi@pharm.uad.ac.id


Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License


View Media Farmasi Stats