Studi Pharmacovigilance Obat Herbal Di Puskesmas Kasihan II Bantul

Nur Mahdi, Dyah Aryani Perwitasari, Nyoman Kertia

Abstract


Kejadian Reaksi Obat yang Tidak Dikehendaki (ROTD) dari obat-obat herbal merupakan hal yang masih jarang diteliti di Indonesia. Gaya hidup kembali ke alam menjadi cukup popular saat ini, sehingga masyarakat kembali memanfaatkan berbagai bahan alam, termasuk pengobatan dengan tumbuhan obat atau herbal. Dengan meningkatnya penggunaan obat herbal di Indonesia, maka diperlukan pemantauan keamanan pada obat-obat herbal.  Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran kausalitas kejadian ROTD serta mengetahui kualitas hidup pasien yang mendapatkan resep obat herbal. Penelitian ini menggunakan rancangan observasional deskriptif, pengambilan data secara consecutive sampling secara prospektif. Pengambilan data selama dua bulan saat penelitian berlangsung, setelah itu dianalisis kejadian ROTD dan tanpa ROTD serta dinilai kualitas hidup pasien. Instrumen yang digunakan untuk menganalisis adalah algoritma Naranjo dan kuesioner SF-36. Hasil wawancara kepada 25 subyek penelitian pada pengamatan prospektif dan retrospektif, subyek yang melaporkan adanya kejadian ROTD sebanyak 3 subyek (12%). Sebanyak 2 subyek dengan kategori possible (mungkin) dan 1 subyek dengan kategori probable (cukup mungkin). ROTD yang muncul adalah gatal-gatal, nyeri pinggang, mual, ngantuk dan dada berdebar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat kejadian ROTD pada pasien yang diberikan terapi herbal, gambaran kausalitas kejadian ROTD adalah kategori possible dan probable.

 

Kata kunci: pharmacovigilance, reaksi obat yang tidak dikehendaki, obat herbal.


Full Text:

PDF

References


Anonim, 2012, Pedoman Monitoring Efek Samping Obat Bagi Tenaga Kesehatan, Badan POM RI, Jakarta.

Aronson, J. (Ed.), 2009, Meyler’s Side Effects of Herbal Medicines, Elsevier.

Awodele, O., Daniel, A., Popoola, T. D., & Salami, E. F., 2013, A Study on Pharmacovigilance of Herbal Medicines in Lagos West Senatorial District, Nigeria. International Journal of Risk and Safety in Medicine, 25 (4) : 205–217.

Capasso, F., Gaginella, T. S., Gransdolini, G., & Izzo, A. A., 2003, Phytotherapy A Quick Reference to Herbal Medicine, Springer, New York, http://doi.org/10.1007/978-3-662-04482-7