Aplikasi Teori Graf dalam Menentukan Jalur Tercepat Mitigasi Gunung Merapi Zona 1

Ningrum Citra, Wijayanti Eka

Abstract


Pada penelitian ini, dilakukan penelitian untuk menentukan jalur tercepat mitigasi Gunung Merapi zona 1 menggunakan kombinasi algoritma Floyd Warshall dan metode Weighted Average (WA). Proses dalam penelitian ini diawali dengan merumuskan permasalahan yang ada menggunakan teori graf, kemudian implementasi metode WA dan dilanjutkan dengan implementasi algoritma Floyd Warshall. Pada proses implementasi metode WA setiap variabel akan diberi bobot utama. Jumlah hasil perkalian dari setiap nilai variabel dan bobot utama akan dibagi dengan jumlah total bobot utama. Berdasarkan implementasi metode tersebut, diperoleh suatu matriks yang merepresentasikan gabungan dari beberapa variabel data yang berbeda. Matriks tersebut digunakan dalam implementasi algoritma Floyd Warshall. Hasil dari penelitian ini berupa jalur tercepat dari seluruh daerah titik awal yang ada mennuju titik akhir. Jalur tercepat yang dibentuk dari daerah Girikerto menuju daerah Lumbungrejo adalah Girikerto-Wonokerto-Lumbungrejo dengan total bobot yakni 19.966 hingga jalur tercepat yang dibentuk dari daerah Trimulyo menuju daerah Lumbungrejo adalah Trimulyo-Mergoejo-Lumbungrejo dengan total bobot yakni 14.633.

Keywords


Teori Graf; Mitigasi; Jalur Tercepat; Weighted Average; Algoritma Floyd Warshall

Full Text:

PDF

References


A. F. Sani, N. K. T. Tastrawati, and I. M. E. Dwipayana, “Algoritma Floyd Warshall Untuk Menentukan Jalur Terpendek Evakuasi Tsunami di Kelurahan Sanur,†E-Jurnal Mat., vol. 2, no. 1, pp. 1–5, 2013.

I. K. Budayasa, “Teori Graph dan Aplikasinya. Surabaya.†Unesa University Press, 2007.

J. Jek Siang, “Matematika Diskrit dan Aplikasinya Pada Ilmu Komputer,†Yogyakarta Penerbit Andi Yogyakarta, 2009.

B. Anjasmoro, S. Suharyanto, and S. Sangkawati, “Analisis Prioritas Pembangunan Embung Metode Cluster Analysis, AHP dan Weighted Average (Studi Kasus: Embung di Kabupaten Semarang),†MEDIA Komun. Tek. SIPIL, vol. 21, no. 2, pp. 101–112, 2016.

U. B. Press and A. Widodo, Teori Graf. Universitas Brawijaya Press, 2016.

N. K. D. A. Jayanti, “Penggunaan Algoritma Floyd Warshall Dalam Masalah Jalur Terpendek Pada Penentuan Tata Letak Parkir,†in Seminar Nasional Informatika (SNIf), 2017, vol. 1, no. 1, pp. 75–81.

Y. R. Kriswanto, R. K. J. Bendi, and A. Aliyanto, “Penentuan Jarak Terpendek Rute Transmusi dengan Algoritma Floyd-Warshall,†Semantik, vol. 4, no. 1, 2014.

S. Hougardy, “The Floyd–Warshall algorithm on graphs with negative cycles,†Inf. Process. Lett., vol. 110, no. 8–9, pp. 279–281, 2010.

R. Saputra, “Sistem Informasi Geografis Pencarian Rute Optimum Obyek Wisata Kota Yogyakarta Dengan Algoritma Floyd-Warshall,†J. Mat., 2011.

R. A. D. Novandi, “Perbandingan Algoritma Dijkstra dan Algoritma Floyd-Warshall dalam Penentuan Lintasan Ter




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/konvergensi.v7i2.19610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats JIM