Pelabelan Graf dalam Rencana Tata Ruang Rumah Sakit Islam Klaten

Nissa Oktavia Sabrina, Aris Thobirin

Abstract


Salah satu masalah yang ditemukan untuk penggunaan graf yaitu mencari efektivitas letak tata ruang Rumah Sakit, untuk mencari efektivitas letak tata ruang Rumah Sakit dapat menggunakan pelabelan graf sisi dan mencari rute tercepat dapat menggunakan algoritma Dijkstra. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Islam Klaten. Pelabelan sisi dilakukan untuk menemukan letak tata ruang yang efektif dimana jarak dari titik satu ke titik yang lain mempunyai jumlah waktu yang sama. Algoritma Dijkstra dilakukan untuk mencari rute tercepat dari titik satu ke titik yang dituju, dimana titik yang dituju adalah titik yang sering dikunjungi pasien ataupun pengunjung. Penelitian ini membandingkan hasil dari perhitungan graf awal dengan perhitungan graf yang sudah menggunakan pelabelan sisi.   adalah lobby,   adalah rawat inap makkah,   adalah rawat inap siti hajar,   adalah rawat inap marwah,   adalah bedah sentral. Hasil dari penelitian ini adalah waktu tempuh pada graf H’ menggunakan pelabelan sisi dari titik   ke   yaitu 120 detik, dari titik   ke   yaitu 120 detik, dari titik   ke   yaitu 120 detik, dari titik   ke   yaitu 120 detik, sedangkan waktu tempuh pada graf H dari titik   ke   yaitu 180 detik, dari titik   ke   yaitu 180 detik, dari titik   ke   yaitu 120 detik, dari titik   ke   yaitu 180 detik.

Keywords


Graf; Pelabelan Graf; Algoritma Dijkstra; Efektivitas ruang; Tata letak ruang

Full Text:

PDF

References


R. J. Wilson, “Pengantar Teori Graf,†Ed. Kelima, Jakarta Penerbit Erlangga, 2010.

J. Jek Siang, “Matematika Diskrit dan Aplikasinya Pada Ilmu Komputer,†Yogyakarta Penerbit Andi Yogyakarta, 2009.

R. Munir, “Matematika Diskrit edisi ketiga,†Inform. Bandung, 2009.

I. K. Budayasa, “Teori Graph dan Aplikasinya. Surabaya.†Unesa University Press, 2007.

J. L. Gross and J. Yellen, Graph theory and its applications. CRC press, 2005.

U. B. Press and A. Widodo, Teori Graf. Universitas Brawijaya Press, 2016.

N. KamÄev, M. Krivelevich, and B. Sudakov, “Some remarks on rainbow connectivity,†J. Graph Theory, vol. 83, no. 4, pp. 372–383, 2016.

W. D. Wallis, Magic graphs. Springer Science & Business Media, 2001.

A. Abdussakir, “NN, dan Nofandika, FF 2009,†Teor. Graf.

J. M. Aldous and R. J. Wilson, Graphs and applications: an introductory approach. Springer Science & Business Media, 2003.

D. B. West, Introduction to graph theory, vol. 2. Prentice hall Upper Saddle River, NJ, 1996.

A. H. Mardian, “Analisis Efisiensi Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Balung Tahun 2015 Melalui Pendekatan Barber-Johnson,†2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/konvergensi.v7i2.19606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats JIM