Implementasi Metode VECM (Vector Error Corection Model) dalam Menganalisis Pengaruh Kurs Mata Uang, Inflasi dan Suku Bunga terhadap Jakarta Islamic Indeks (JII)

Dita Fadma Ristianti, Joko Purwadi

Abstract


Vector Error Correction Model (VECM) merupakan salah satu model multivariate runtun waktu (time series) . VECM adalah model VAR terbatas yang dirancang untuk digunakan pada deret waktu stasioner namun memiliki hubungan kointegrasi antar variabel. VECM sangat berguna karena dapat mengestimasi efek jangka pendek antar variabel dan efek jangka panjang dari data deret waktu. Pendekatan kointegrasi yang digunakan dalam penelitian ini kointegrasi Johansen Jesilius. Variabel inflasi, kurs, dan suku bunga pada penelitian ini sebagai variabel endogen dan variabel JII (Jakarta Islamic Index) sebagai variabel eksogen dari luar sistem kointergasi. Untuk kemudian diselidiki hubungan antar variabel endogen serta untuk mengetahui respon dari variabel endogen terhadap shock dari variabel lain didalam model VECM. Parameter model diestimasi menggunakan Maksimum Likelihood Estimation (MLE), dengan hasil estimasi jangka pendek terdapat 1 variaabel signifikan pada taraf nyata sebesar 0,231. Estimasi jangka pendek terdapat 2 variabel signifikan pada taraf nyata yaitu suku bunga sebesar 0,186 dan kurs sebesar -0,955. Dari analisis kausalitas Granger terdapat hubungan variabel inflasi (INF) dengan variabel JII,  variabel JII dengan variabel suku bunga dan variabel inflasi (INF) dengan variabel suku bunga, serta dari analisis Impulse Response Function (IRF) memperlihatkan semua variabel merespon positif walaupun inflasi sempat bernilai negatif pada periode ke 2.


Keywords


VECM;Kurs;Inflasi;Suku bunga;JII

Full Text:

PDF

References


S. Makridakis, S. C. Wheelright, and V. E. McGee, “Metode dan Aplikasi Peramalan-edisi ke-2, jilid I. Alih Bahasa: Andriyanto, US, dan Basith, A,†Erlangga. Jakarta, 1992.

S. Makridakis, S. C. Wheelwright, and V. E. McGee, “Metode dan Aplikasi Peramalan Jilid 1 Edisi Kedua,†Terjem. Ir. Untung S. Andriyanto dan Ir. Abdul Basith. Erlangga, Jakarta, 1999.

G. Kirchgässner and J. Wolters, Introduction to modern time series analysis. Springer Science & Business Media, 2007.

D. C. Montgomery, C. L. Jennings, and M. Kulahci, Introduction to time series analysis and forecasting. John Wiley & Sons, 2015.

S. Hansun, “Penerapan WEMA dalam peramalan data IHSG,†Ultim. J. Tek. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 63–66, 2013.

H. Lütkepohl, New introduction to multiple time series analysis. Springer Science & Business Media, 2005.

S. C. Hillmer, “Time series analysis: Univariate and multivariate methods,†J. Am. Stat. Assoc., vol. 86, no. 413, pp. 245–247, 1991.

A. AHMAT, “PERAMALAN RUNTUN WAKTU MENGGUNAKAN MODEL FUNGSI TRANSFER MULTIVARIAT.â€

Y. Wibisono, “Metode statistik,†Gajah Mada Univ. Yogyakarta, 2005.

D. Rosadi, “Ekonometrika dan analisis runtun waktu terapan dengan eviews,†2016.

D. Gujarati and S. Zain, “Ekonometrika Dasar, Jakarta,†Penerbit Erlangga, 1995.

M. K. Abduesslam, M. Ali, B. H. Alsdai, and M. N. Inayati, “Voltage Problem Location Classification Using Performance of Least Squares Support Vector Machine LS-SVM and Learning Vector Quantization LVQ,†World Acad. Sci. Eng. Technol. Int. J. Electr. Comput. Eng., vol. 8, 2014, doi: 10.5281/ZENODO.2828975.

D. M. H. Batubara and I. A. N. Saskara, “Analisis Hubungan Ekspor, Impor, PDB dan Utang Luar Negeri Indonesia Periode 1970-2013,†J. Ekon. Kuantitatif Terap., 2015.

A. Riduwan and A. Akdon, “Rumus dan data dalam analisis statistika,†Bandung Penerbit Alf., 2007.

H. Anton, P. Silaban, and I. N. Susila, Aljabar Linear Elementer. Erlangga, Jakarta, 1987.

A. Widarjono, “Ekonometrika: Teori dan Aplikasi untuk Ekonomi dan Bisnis, edisi kedua,†Yogyakarta Ekonisia FE Univ. Islam Indones., 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/konvergensi.v6i1.19544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats JIM