PERILAKU MEROKOK PADA PENDERITA HIPERTENSI DI DESA SIDOKARTO KECAMATAN GODEAN, SLEMAN, YOGYAKARTA

Septian Emma Dwi Jatmika, Muchsin Maulana

Abstract


Abstrak

Latar Belakang: Penyakit hipertensi hampir selalu dikaitkan dengan perubahan gaya hidup atau pola hidup, salah satunya adalah merokok. Pencegahan terjadinya hipertensi salah satunya dengan mengendalikan faktor resiko. Hal ini juga dapat mengurangi resiko penderita untuk mengalami hipertensi lanjut dengan komplikasi.

Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan jumlah sampel sebesar 30 orang yang memenuhi kriteria inklusi. Pada penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa kuisioner yang berisi serangkaian pertanyaan tentang pengetahuan, sikap, nilai, kepercayaan dan perilaku yang berhubungan dengan kejadian hipertensi dan perilaku merokok.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar (66,67%) perilaku merokok responden adalah kurang baik dan sebagian kecil (33,33% ) perilaku responden adalah cukup baik. Pengetahuan responden tentang perilaku merokok sebagian besar (46,67%) adalah cukup baik dan sebagian kecil (10%) adalah kurang baik. Sedangkan sikap responden terhadap perilaku merokok sebagian besar (63,33%) adalah negatif.

Kesimpulan: Gambaran pengetahuan, sikap dan perilaku merokok pada penderita hipertensi khususnya yang merokok di Desa Sidokerto Kecamatan Godean Kabupaten Sleman Yogyakarta sebagian besar masih kurang baik.

 

Kata kunci: pengetahuan, sikap, perilaku merokok, penderita hipertensi, sleman


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/kesmas.v9i1.1552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Kes Mas: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat 
ISSN 2620-2999 (online) | 1978-0575 (print)
Universitas Ahmad Dahlan
Kampus III UAD
Jln. Prof. Soepomo, Janturan
Yogyakarta 55164, Indonesia
Email: ph@uad.ac.id or kesmas@journal.uad.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View KesMas Stats