RANCANG BANGUN APLIKASI EKOS SEBAGAI WADAH PENCARIAN DAN PENAWARAN KOS BERBASIS WEB

Lalu Wahyu Reza Pratama, Fiftin Noviyanto

Abstract


Yogyakarta sebagai kota pendidikan memiliki daya tarik tersendiri. Selain kualitas pendidikannya bagus,biayahidupdikotainijugamurahdanbudayanyatetapterjaga.Tak heranbilaminatmasyarakat luar daerah untuk melanjutkan pendidikan di kota Yogyakarta sangat tinggi. Mahasiswa yang berasal dari luar daerah tentunya membutuhk an tempat tinggal yang menurutnya layak untuk ditempati dengan keinginannya.Banyaknya jumlah mahasiswa di kota ini mengakibatkan maraknya bentuk usaha rumah kos. Saat ini mahasiswa biasanya menggunakan cara konvensional dalam melakukan pencarian lokasi kos, seperti membaca iklan yang ditempel di depan rumah kos atau membaca di media surat kabar, berkeliling di sekitar institusi, bertanya kepada orang yang dipercaya. Sedangkan pemilik kos menawarkan usaha kosnya masih dengan cara menempel iklan di tembok depan rumah kosnya atau membayar di media surat kabar juga koran supaya usaha kosnya termuat.

Langkah awal yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melakukan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara. Kemudian dilakukan analisis data, deskripsi kebutuhan sistem, perancangan sistem. Tahap selanjutnya implementasi program dan pengujian sistem dilakukan dengan 2 metode yaitu pengujian black box dan alpha test.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi sebagai wadah pencarian dan penawaran kos berbasis web dengan memanfaatkan Google maps API untuk memberikan lokasi kos. Hasil pengujian menggunakan black box menunjukkan fitur fitur di sistem dapat berjalan dengan baik, sedangkan pengujian menggunak an alpha test dari 10 k uisioner yang disebark an k e responden menunjuk k an hasil 81% memilih sangat setuju. Dengan hasil uji tersebut aplikasi ekos menunjukkan sudah layak digunakan.

Kata Kunci : Pencarian dan penawaran kos, Google Maps API. 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal