PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF FARMASI KLINIK UNTUK MEMINIMALISIR ADANYA MEDICATION ERROR

Muhammad Al Mahdi, Sri Winiarti

Abstract


Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran interaktif dalam mata kuliah Farmasi Klinik Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan serta kurangnya kemampuan mahasiswa dalam memvisualisasikan kasus tertulis dalam mata kuliah Farmasi Klinik, Menjadikan pentingnya sebuah aplikasi media pembelajaran interaktif untuk mata kuliah Farmasi Klinik yang kemudian diuji untuk mengetahui kesesuaian pembelajaran bagi mata kuliah Farmasi Klinik di Universitas Ahmad Dahlan.

Dalam penelitian ini yang menjadi subyek adalah dosen dan mahasiswa Farmasi Klinik, Pasca Sarjana Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode studi pustaka, wawancara, dan kuisioner. Tahap pengembangan aplikasi diawali dari analisis kebutuhan sistem, kemudian dilanjutkan perancangan sistem yang meliputi perancangan konsep, diagram navigasi, storyboard, form, dan elemen grafis. Berikutnya dilakukan implementasi system meliputi coding dan animasi, kemudian dilakukan pengujian dengan uji validitas, Black box dan Alpha test.

Penelitian telah menghasilkan sebuah aplikasi media pembelajaran interaktif Farmasi Klinik yang dapat membantu dosen dalam pengajaran mata kuliah Farmasi Klinik dan mempermudah mahasiswa dalam memvisualisasikan kasus serta Aplikasi yang dihasilkan layak digunakan sebagai pedoman dalam praktikum Mata Kuliah Farmasi Klinik Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan.

Kata Kunci : Farmasi Klinik, Media Pembelajaran Interaktif, Medication Error. 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal