PENGEMBANGAN ALAT BANTU BELAJAR ALGORITMA KRIPTOGRAFI PRODUCT CIPHER TERMODIFIKASI BERBASIS WEB

Ismu Nugraha, Eko Aribowo

Abstract


Kriptografi adalah salah satu cabang ilmu keamanan komputer yang membahas tentang cara untuk melindungi data dari orang yang tidak berhak dan tidak bertanggung jawab. Kriptografi merupakan seni dan ilmu untuk menjaga keamanan pesan, mengubah plainteks menjadi cipherteks. Di perguruan tinggi (jurusan Informatika dan Komputer), kriptografi merupakan salah satu materi yang diajarkan dalam mata kuliah keamanan komputer, karena keamanan komputer tidak lepas dari ilmu kriptografi. Tujuannya tentu saja agar para mahasiswa mampu menerapkan metode ini untuk mengamankan data dari para penyadap. Pemahaman algoritma atau metode dasar kriptografi dan keamanan komputer sangat fundamental dan sangat diperlukan karena dibutuhkan untuk pemahaman materi lainnya seperti cipher block chaining. Dengan jam perkuliahan yang terbatas membuat pemahaman mahasiswa akan ilmu kriptografi menjadi sangat kurang, sehingga diperlukan adanya alat bantu pembelajaran, berupa media pembelajaran interaktif yaitu yang memuat proses simulasi enkripsi dan dekripsi secara dinamis yang dapat membantu mahasiswa mempelajari materi secara mandiri di luar jam perkuliahan.

Subjek dalam penelitian ini adalah alat bantu belajar algoritma kriptografi Product Cipher termodifikasi untuk mendukung proses pembelajaran kriptografi berbasis web. Metode yang digunakan antara lain metode studi pustaka, metode observasi, dan wawancara. Pada akhir perancangan program akan dilaksanakan pengujian dengan metode black box test dan alpha test.

Hasil dari perancangan alat bantu belajar algoritma kriptografi Product Cipher Termodifikasi adalah penyajian materi algoritma kriptografi Product Cipher termodifikasi, dilengkapi dengan contoh soal, simulasi proses enkripsi dan dekripsi algoritma kriptografi Product Cipher termodifikasi yang dinamis beserta evaluasi agar user dapat mengetahui tingkat pemahaman terhadap materi yang disajikan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini berjalan dengan baik, memenuhi kebutuhan user dan bermanfaat untuk mendukung pembelajaran kriptografi.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Alat Bantu, Simulasi, Keamanan Komputer, Kriptografi, Product Cipher Termodifikasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i3.3085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ismu Nugraha, Eko Aribowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.