PENGEMBANGAN WEB SERVICE BACKEND APLIKASI PEMBACA SKRIPSI PERPUSTAKAAN KAMPUS III UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

Fajar Eko Susilo, - Ardiansyah

Abstract


Salah satu bentuk kemajuan pesat dari pengelolaan koleksi tugas akhir skripsi di perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia adalah dengan tersedianya dalam format digital (eThesis). Akan tetapi walaupun sudah dalam format digital dan bisa diakses, dalam kenyataannya akses yang diberikan masih sangat terbatas. Perpustakaan kampus III Universitas Ahmad Dahlan hanya membuka akses terbatas pada bab 1, bab 2 dan bab 3 saja. Pencarian skripsi di perpustakaan kampus III UAD juga masih dilakukan dengan mencari di rak-rak penyimpanan skripsi yang membutuhkan waktu yang lama sehingga mengurangi efektifitas waktu. Selain hal itu kebiasaan mahasiswa dalam mencari referensi judul skripsi tidak hanya mencari satu skripsi saja melainkan ada beberapa sekaligus, dan apabila skripsi tersebut sudah di pinjam oleh mahasiswa lain maka harus bergantian, sehingga ketika mahasiswa mencari referensi untuk pengembangan tugas akhir menjadi terhambat karena kurangnya efektifitas waktu.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan pengumpulan data menggunakan metode kuisioner, wawancara dan studi pustaka. Kemudian dianalisis untuk menentukan kebutuhan user dan kebutuhan sistem. Implementasi aplikasi memanfaatkan java android framework dan web service. Pengujian sistem dilakukan dengan 2 metode, yaitu Blackbox test dan Whitebox test.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah web service backend dengan memanfaatkan data dari web service portal untuk fungsi login, dan membuat fungsi fungsi dari web service agar dapat diakses oleh frontend untuk melakukan proses pencarian dan download file. Hasil pengujian sistem dengan metode Blackbox test dan Whitebox test untuk mengetahui fungsi web service telah berjalan sesuai dengan fungsinya.

Kata Kunci : Blackbox test, eThesis, Pencarian file, Web Service, Whitebox test




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i3.3082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fajar Eko Susilo, - Ardiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.