MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TOPOLOGI JARINGAN BERBASIS MOBILE PADA SMK NASIONAL BERBAH YOGYAKARTA

Abdul Aziz Purnomo, Eko Aribowo

Abstract


Metode pengajaran di kelas XI/TKJ SMK Nasional Berbah masih menggunakan cermah sehingga sulit dipahami dan membosankan terbukti dari 84% responden menyatakan bahwa metode ceramah masih sulit untuk dipahami. Terlihat juga bahwa belum diterapkannya pembelajaran topologi jaringan menggunakan multimedia, karena berdasarkan survey 92% responden menyatakan bahwa pelajaran topologi jaringan komputer lebih mudah menggunakan visualisasi multimedia. Hal tersebut akan terasa lebih mudah dan efisien jika media pembelajarannya menggunakan media  mobile application.

Pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem Modified Waterfall diawali dengan tahap analisis definisi persyaratan yaitu analisis kebutuhan, merekayasa pengetahuan, perancangan sistem serta perangkat lunak, implementasi dan pengujian unit. Setelah itu sampai pada tahap terakhir yaitu integrasi pengujian sistem menggunakan metode black box test dan alpha test.

Hasil penelitian ini adalah multimedia pembelajaran topologi jaringan berbasis mobile. Melalui pengujian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa sistem layak digunakan bagi siswa XI/TKJ SMK Nasional Berbah Yogyakarta dan dinyatakan baik serta siap untuk diaplikasikan.

Kata kunci : Jaringan Komputer, Multimedia, Mobile.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i3.3081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdul Aziz Purnomo, Eko Aribowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.