PENGEMBANGAN SISTEM LAYANAN KANTOR URUSAN AGAMA (Studi Kasus KUA Kotagede)

Indra Yanto, Fiftin Noviyanto

Abstract


Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kotagede dalam beberapa tahun terakhir terus membenahi diri dalam peningkatan mutu pelayanan untuk masyarakat. Dalam hal ini peningkatan pelayanan dan informasi dalam bentuk teknologi menjadi perhatian utama. Hal ini dapat terlihat dari situs Kantor Urusan Agama Kecamatan Kotagede yang sudah berupaya untuk memberikan informasi seputar KUA. Dewasa ini perkembangan informasi begitu cepat, hal ini dapat terlihat diinstansi pemerintahan yang lain juga menggunakan sarana teknologi dalam memberikan informasi layanan yang cepat dan optimal bagi masyarakat. Semakin bertambah banyaknya berkas pernikahan Kantor Urusan Agama kelola, menyebabkan semakin banyaknya berkas data yang tersimpan di Kantor Urusan Agama untuk dirawat dengan baik, agar tidak rusak yang sewaktu waktu dapat dibutuhkan. Oleh karena itu perlu dibangun sebuah metode pelayanan yang berbasis teknologi. Sistem informasi dan pendaftaran pernikahan  sangat diperlukan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat yang berkaitan dengan informasi seputar pernikahan, konsultasi keluarga dan pendaftaran pernikahan. Pengembangan sistem layanan Kantor Urusan Agama berbais web dapat menjadi solusi dari permasalahan diatas.

Metode penelitian yang digunakan untuk membangun sistem layanan Kantor Urusan Agama berbasis web ini diawali dengan wawancara dengan kepala KUA Kecamatan Kotagede dilanjutkan dengan pengamatan secara langsung aktifitas di Kantor Urusan Agama, selanjutnya dilakukan analisis kebutuhan sistem, perancangan dan pengkodean sistem menggunakan php, dan pengujian sistem dengan black box test dan alpha test.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah aplikasi tentang “Pengembangan Sistem Layanan Kantor Urusan Agama Kecamatan Kotagede” yang dapat digunakan untuk melakukan pendaftaran nikah, seputar pernikahan dan konsultasi keluarga. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini layak dan dapat digunakan.

Kata kunci : web, pendaftaran nikah, KUA

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal