SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN PROPERTY BERBASIS WEBSITE DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Kiagus Adrian Rizky Zarkasyi, Tedy Setiadi

Abstract


Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu kota yang terkenal di Indonesia dalam segi budaya, pariwisata, pendidikan dan nyaman untuk berdomisili, sehingga tak heran banyak orang dari luar yang ingin tinggal di Yogyakarta. Oleh sebab itu untuk mendapatkan tempat tinggal yang sesuai dengan kriteria cukup sulit karena masih sedikitnya lahan informasi yang tersedia. Adapun informasi – informasi dari surat kabar atau pamflet yang ditempel dipinggir jalan dirasa masih kurang efisien dalam memberikan informasi terkait tentang kriterian property yang disediakan. Dengan hadirnya internet saat ini diharapkan bisa dimanfaatkan untuk memberikan solusi bagi masyarakat terciptanyan website yang memberikan informasi mengenai property yang mudah digunakan.

Metode penelitian atau pengumpulan data adalah cara yang digunakan untuk memperoleh data yang akan diproses menjadi informasi yang lebih akurat sesuai dengan permasalahan.  Pengumpulan data dilakukan melalui sebuah penelitian, studi literature, wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahapan perancangan pada sistem menggunakan DFD dan pada perancangan antarmuka menggunakan aplikasi Dia. Implementasi sistem menggunakan MySQL dan PHP. Sistem yang dihasilkan kemudian di uji dengan metode Black Box Test dan Alpha Test.

Hasil penelitian ini adalah sistem informasi persediaan property berbasis web yang dapat memberikan informasi detail property dan dapat memilih kriteria property yang diinginkan dengan memanfaatkan menu pencarian yang ada.

Kata Kunci : Property, Sistem informasi, Web Property


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal