SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA KOMPLIKASI PADA IBU DAN JANIN DIMASA KEHAMILAN BERBASIS MOBILE

Lusia Pusvita Dewi, Eko Aribowo

Abstract


Komplikasi kehamilan adalah kegawatdaruratan obstetrik (kandungan) yang dapat mengancam kesehatan ibu dan janin. Komplikasi terbagi menjadi tiga kelompok, komplikasi obstetrik langsung, komplikasi obstetrik tidak langsung, dan komplikasi yang tidak berhubungan dengan obstetrik (komplikasi akibat kecelakaan). Komplikasi obstetrik tidak langsung penting diperhatikan, sebab gejala-gejala yang timbul sering terabaikan. Solusi penanganan yang lambat dan tidak tepat dapat memicu komplikasi beresiko tinggi pada kehamilan, sehingga mengancam kesehatan ibu dan janin. Untuk itu perlunya deteksi dini terhadap komplikasi, sebagai upaya penjaringan yang dilakukan untuk menemukan penyimpangan-penyimpangan yang terjadi pada masa kehamilan.

Pada penelitian ini akan dibangun sebuah media konsultasi dengan pendekatan sistem pakar, menggunakan metode penelusuran fakta Forward Chaining dan metode kepastiannya menggunakan Certainty Factor. Tahap pengembangan aplikasi diawali dengan tahapan analisis sistem yaitu analisis data dan deskripsi kebutuhan sistem, membangun basis pengetahuan, pembuatan Diagram Konteks, Diagram Alir Data, Entity Relationship Diagram, dan membuat struktur tabel, perancangan mapping table, dan perancangan menu antar muka. Setelah tahap rancangan selesai, maka dilanjutkan pada tahap implementasi menggunakan PHP dengan Framework Codeigniter sebagai bahasa pemograman dan mengelola data serta MySQL sebagai data base. Terakhir pengujian sistem menggunakan Black Box Test dan Apha Test.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan perangkat lunak, “Sistem Pakar Untuk Diagnosa Komplikasi Pada Ibu dan Janin Dimasa Kehamilan Berbasis Mobile” yang dapat bekerja seperti layaknya seorang pakar kesehatan. Informasi yang dihasilkan adalah nama komplikasi, gejala, solusi dan nilai Certainty Factor sebagai total perhitungan kepastiannya.

Keyword : Certainty Factor, Diagnosa Komplikasi, Sistem Pakar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal