OPTIMALISASI MONITORING JARINGAN WIRELESS MENGGUNAKAN DUDE TERINTEGRASI SMS GATEWAY (STUDI KASUS : PALANG MERAH INDONESIA MARKAS KOTA YOGYAKARTA)

Dadun Raih Sambodo, Imam Riadi

Abstract


Pada saat ini jaringan wireless yang terdapat di Palang Merah Indonesia Markas Kota Yogyakarta belum memiliki sistem monitoring jaringan. Apabila jaringan mati atau down maka administrator belum bisa mengetahui sebelum mendapat keluhan dari pengguna. Kondisi router atau acces point mana yang aktif dan mati juga tidak dapat diketahui. Pengawasan jaringan di Palang Merah Indonesia Markas Kota Yogyakarta perlu di optimalisasi dengan software monitoring jaringan yang mampu menggambarkan jaringan secara visual dan mengirimkan notifikasi berupa sms.

Penelitian ini dilakukan di Palang Merah Indonesia Markas Kota Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan beberapa metode, studi pustaka, metode observasi, metode wawancara. Penelitian ini menggunakan beberapa tahap antara lain, analisis, desain, dan dilanjutkan dengan implementasi rancangan sistem. Setelah penelitian selesai kemudian dilakukan pengujian. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan black box test, dan alpha test.

Implementasi mikrotik the dude sebagai monitoring jaringan berhasil menggambarkan kondisi jaringan Palang Merah Indonesia Markas Kota Yogyakarta dalam bentuk peta jaringan. Mikrotik the dude terintegrasi sms gateway sebagai notifikasi kondisi jaringan akan dikirimkan kepada administrator jaringan Palang Merah Indonesia Markas Kota Yogyakarta. Setelah penelitian ini dilakukan, selanjutnya dilakukan pengujian terhadap hasil monitoring. Metode pengujian yang dilakukan menggunakan black box test dan Alpha Test. Hasil dari pengujian alpha test diperoleh 78,3% menyatakan penggunaan dude sebagai monitoring meningkatkan kualitas jaringan, sedangkan 21,7% menyatakan penggunaan dude sebagai monitoring tidak meningkatkan kualitas jaringan. Berdasarkan hasil prosentase dari pengujian alpha test dapat disimpulkan bahwa monitoring jaringan wireless menggunakan dude berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan kualitas jaringan.

Kata kunci : dude, sms, mikrotik, monitoring,gateway


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal