PENGEMBANGAN APLIKASI RESERVASI TIKET BERBASIS WEB SERVICE PADA PERUSAHAAN TRAVEL DI YOGYAKARTA

Bayu Romdani, Fiftin Noviyanto

Abstract


Reservasi adalah sebuah proses perjanjian berupa pemesanan sebuah produk baik barang maupun jasa dimana pada saat itu telah terdapat kesepahaman antara konsumen dengan produsen mengenai produk tersebut namun belum ditutup oleh sebuah transaksi jual beli. Alasan reservasi menjadi sebuah media yang sangat efektif baik bagi produsen maupun bagi konsumen adalah produsen akan dapat melakukan evaluasi terhadap produk yang akan dijual. Konsumen mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi mengenai jawal keberangkatan serta ketersediaan kursi, karena untuk mendapatkan informasi tersebut konsumen harus datang ke agent-agent penjualan tiket yang mempunyai keterbatasan waktu. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibuat suatu penelitian untuk melakukan reservasi tiket dengan mudah.

Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah aplikasi perangkat lunak untuk reservasi tiket berbasis web service pada perusahaan travel di Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, metode wawancara dan metode kepustakaan. Tahap pengembangan aplikasi meliputi perancangan sistem, implementasi dan pengujian. Model proses yang digunakan adalah model incremental dan pengujian sistem dengan black box test dan alpha test.

Dari hasil penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah aplikasi pengembangan aplikasi reservasi tiket berbasis web service pada perusahaan travel di Yogyakarta dengan kemampuan dapat memberikan informasi tentang tiket travel yang disertai dengan nama travel, jadwal keberangkatan, ketersediaan kursi dan harga tiket. Hasil dari pengujian dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini berjalan dengan baik serta dapat digunakan sesuai tujuan penelitian.

Kata Kunci : Reservasi, Web Service




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i3.3076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bayu Romdani, Fiftin Noviyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.