PENGEMBANGAN MODUL ENKRIPSI DAN DEKRIPSI MENGGUNAKAN ALGORITMA KRIPTOGRAFI CIPHER BLOCK CHAINING DAN RIVEST CODE 4 BERBASIS PHP

- Disman, Eko Aribowo

Abstract


Penggunaan internet yang sangat luas seperti pada bisnis, perdagangan, bank, industri, dan pemerintahan yang umumnya mengandung data yang bersifat rahasia, maka keamanan data menjadi faktor utama yang harus dipenuhi. Masalah keamanan dan kerahasiaan data merupakan salah satu aspek penting dari suatu informasi. Dalam hal ini sangat terkait dengan betapa pentingnya informasi tersebut dikirim dan diterima oleh orang yang berkepentingan. Informasi akan tidak berguna lagi apabila ditengah jalan informasi tersebut disadap atau dibajak oleh orang yang tidak berhak. Oleh karena sangat pentingnya hal tersebut, maka banyak orang kemudian berusaha menyiasati bagaimana cara mengamankan data atau informasi yang dikomunikasikannya, atau menyiasati bagaimana cara mendeteksi keaslian dari informasi yang diterimanya. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan menyandikan isi data menjadi suatu kode-kode yang tidak dimengerti sehingga apabila disadap maka akan kesulitan untuk mengetahui isi data yang sebenarnya.

Subjek pada penelitian ini adalah pengembangan dan implementasi algoritma kriptografi cipher block chaining dan rivest code 4. Langkah penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan studi literature, analisa metode cipher block chaining dan rivest code 4, merancang modifikasi cipher block chaining dan rivest code 4 untuk proses enkripsi dan dekripsi, diskusi dengan dosen sebidang, melakukan percobaan, analisa hasil, dan mengimplementasikan algoritma yang telah dikembangkan dalam bahasa pemrograman berbasis PHP.

Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah sebuah library atau modul enkripsi dan dekripsi menggunakan algoritma kriptografi cipher block chaining dan rivest code 4 berbasis PHP. Hasil tersebut diwujudkan dalam bentuk laporan dan program implementasi sehingga memberikan inspirasi khususnya kepada web developer untuk mengembangkan metode kriptografi yang lain.

Kata kunci : Cipher Block Chaining, Keamanan, Kriptografi, Rivest Code 4


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal