SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENANGANAN LIMBAH CAIR PABRIK DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Nur Azizah, Sri Winiarti

Abstract


Limbah pabrik yaitu buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi industri. Limbah cair, limbah padat dan limbah gas yaitu jenis limbah hasil produksi dari pabrik. Penurunan kualitas air tanah dan cadangan air tanah sebagai sumber air minum bagi penduduk serta meningkatnya pencemaran sungai oleh limbah domestik  dan limbah industri menyebabkan kualitas air tanah dan air permukaan mengalami penurunan, terutama di wilayah perkotaan terus mengalami ancaman pencemaran seiring terus bertambahnya jumlah penduduk serta pertambahan kegiatan perindustrian. Meningkatnya jumlah perindustrian menyebabkan sulitnya pihak bidang pengendalian pencemaran air dan tanah serta bahan berbahaya beracun mengalami kesulitan dalam pengawasan penanganan limbah pabrik. Oleh karena itu dalam penelitian ini dibuat sebuah sistem pendukung keputusan untuk penanganan limbah cair pabrik menggunakan metode bayes dengan tujuan membangun sebuah aplikasi untuk menentukan penanganan limbah cair pabrik di Daerah Istimewa Yogyakarta, Menerapkan kriteria bayes dalam penanganan limbah cair pabrik menggunakan pemograman visual basic Net 2010.

Penelitian yang dilakukan digunakan konsep pengembangan dengan paradigma waterfall, tahapan penelitian dimulai dari pengambilan data di Badan Lingkungan Hidup Daerah Istimewa Yogyakarta dengan menggunkan metode studi pustaka, wawancara, observasi  dan dokumentasi. Tahapan dalam pengembangan aplikasi ini meliputi desain basis pengetahuan, alur keputusan, pemodelan proses, pemodelan data, perancangan antar muka, implementasi dan pengujian sistem. Sistem ini akah dikembangkan menggunakan metode bayes dan pengujian sistem dengan pengujian untuk validasi sistem.

Hasil penelitian ini berupa aplikasi desktop sistem pendukung keputusan penanganan limbah cair pabrik Daerah Istimewa Yogyakarta yang dapat membantu user dalam mengambil keputusan untuk layak atau tidak layak penanganan limbahcair pabrik berdasarakan peraturan yang berlaku dan memberikan rekomendasi penanganan limbah cair pabrik.

 Kata Kunci : kriteria bayes , Limbah Pabrik, Limbah cair, penanganan limbah ,Sistem Pendukung Keputusan. 




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i2.3071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Azizah, Sri Winiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.