SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KEBUDAYAAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA BERBASIS WEB

Rizal Pratama Putra, Eko Aribowo

Abstract


Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Daerah Istimewa setingkat provinsi yang merupakan peleburan batas (Negara) Kesultanan Yogyakarta dan (Negara) Kadipaten Pakualam. Yogyakarta menyimpan sejarah sejarah yang panjang tentang budaya, baik budaya fisik maupun budaya non fisik. Dinas Kebudayaan DIY sebagai penanggung jawab penyampaian kebudayaan masih belum optimal dalam menyampaikan hasil kebudayaan, dikarenakan belum adanya media yang menginformasikan lokasi budaya berbasis geografis. Dengan pendekatan teknologi diharapkan Dinas Kebudayaan DIY dapat menyampaikan informasi lokasi kebudayaan dengan lebih optimal. Kondisi ini dapat dipenuhi dengan adanya Sistem Informasi Geografis yang dapat menyediakan data atribut dari suatu objek peta beserta data spasialnya.

Data diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Metode pengembangan sistem dengan perancangan proses, perancangan database, perancangan user interface dengan menggunakan PHP dan MySQL dan melakukan proses digitasi peta menggunakan Google Maps Service, selanjutnya pengujian sistem sebagai tahap akhir dalam pembuatan SIG Kebudayaan DIY berbasis web.

Hasil dari penelitian ini, sebuah aplikasi SIG Kebudayaan DIY berbasis web yang mampu memberikan informasi kepada wisatawan tentang lokasi kebudayaan (fisik maupun nonfisik). Hasil pengujian sistem dengan black box test dengan hasil prosentase tertinggi 100% bahwa sistem berjalan baik dan alpha test dengan prosentase tertinggi 54,16% menunjukkan bahwa program dinyatakan baik dan siap untuk diimplementasikan.

Kata Kunci : SIG, Web, Kebudayaan, DIY

 




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i2.3070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rizal Pratama Putra, Eko Aribowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.