PEMANFAATAN GOOGLE MAPS SERVICE UNTUK SISTEM INFORMASI PENANGANAN BENCANA BANJIR DI DAERAH BANTARAN KALI CODE KOTA YOGYAKARTA

Wawan Tri Widianto, Tedy Setiadi

Abstract


Letusan dahsyat Gunung Merapi tahun 2010 menyisakan material erupsi yang berpotensi menyebabkan banjir lahar dingin di bantaran Kali Code pada waktu musim penghujan. Pada akhir November 2010, banjir lahar dingin menerjang beberapa permukiman yang berada di bantaran Kali Code Kota Yogyakarta. Berdasarkan pengalaman tersebut dan juga aktivitas erupsi Gunung Merapi yang merupakan gunung berapi paling aktif di dunia, banjir lahar dingin menjadi sebuah konsekuensi yang harus diwaspadai oleh penduduk di bantaran Kali Code. Mitigasi bencana banjir Kali Code telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta seperti peninggian talud dan pembuatan bronjong di Kali Code. BPBD Kota Yogyakarta sebagai institusi yang menangani bencana di Kota Yogyakarta masih belum maksimal dalam menyampaikan informasi tentang kewaspadaan bencana banjir dan informasi tentang penanganan bencana banjir Kali Code kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah memanfaatkan google maps service yaitu pemanfaatan fasilitas peta dari google untuk sistem informasi penanganan bencana banjir Kali Code Kota Yogyakarta.

Pengembangan aplikasi menggunakan metode modified waterfall. Dimulai dengan pengumpulan data untuk spesifikasi kebutuhan sistem, perancangan Data Flow Diagram (DFD), perancangan Entity Relationship Diagram (ERD), perancangan basis data, perancangan user interface, pengkodean menggunakan framework CodeIgniter dengan memanfaatkan google maps service dan diuji menggunakan dua metode yaitu Black Box Test dan Alpha Test.

 Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi sistem informasi penanganan bencana banjir Kali Code dengan memanfaatkan google maps service. Fitur aplikasi sesuai dengan spesifikasi sistem dan sistem mampu melakukan fungsi-fungsi sesuai dengan spesifikasi sistem. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa sistem informasi ini layak dan dapat dipergunakan.

Kata kunci: Banjir Kali Code, Google Maps Service, Penanganan Bencana




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i2.3069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wawan Tri Widianto, Tedy Setiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.