SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS TAMAN BACAAN MASYARAKAT DAN KOLEKSI BUKU KABUPATEN SLEMAN BERBASIS WEB

Widodo Ardi Saputra, Nur Rochmah Dyah Puji Astuti

Abstract


Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman saat ini menangani 38 taman bacaan masyarakat  yang tersebar di Kabupaten Sleman, akan tetapi belum adanya media yang menginformasikan lokasi dan koleksi buku mengakibatkan masyarakat kurang mengerti keberadaan lokasi dan koleksi buku taman bacaan. Dinas Pendidikan belum mampu menyampaikan informasi taman bacaan terutama lokasi dan koleksi buku yang ada dikarenakan media untuk menginformasikan lokasi taman bacaan masih dalam bentuk tertulis buku dan papan informasi yang dipasang di dinding Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman sehingga masyarakat harus datang ke Dinas untuk mengetahui keberadaan lokasi taman bacaan, keadaan ini membuat informasi taman bacaan kurang tersampaikan ke masyarakat. Dengan pendekatan teknologi sistem informasi geografis taman bacaan masyarakat dan koleksi buku berbasis web diharapkan masyarakat lebih mudah mencari informasi tentang lokasi dan koleksi buku taman bacaan masyarakat di Kabupaten Sleman.

Penelitian ini menggunakan metode penggumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan studi pustaka. Setelah data dikumpulkan dilakukan analisis kebutuhan sistem dan perancangan sistem yang meliputi perancangan proses, perancangan database, perancangan struktur menu dan perancangan interface. Selanjutnya implementasi sistem dengan memanfaatkan Google Map Service dan bahasa pemograman PHP MySql. Setelah aplikasi dihasilkan maka dilakukan uji program dengan Black Box Test dan Alpha Test.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah Sistem Informasi Geografis Taman Bacaan Masyarakat dan Koleksi Buku Berbasis Web yang dapat memberikan informasi tentang  lokasi dan koleksi buku taman bacaan di Kabupaten Sleman. Hasil pengujian Black Box Test diperoleh 100% responden menjawab bahwa sistem informasi ini layak dan dapat dipergunakan baik. Dari pengujian Alpha Test diperoleh 45% sangat setuju, 55% setuju, 0% kurang setuju dan tidak setuju.

Kata Kunci: Sistem Informasi Geografis , Taman bacaan, Sleman.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i2.3067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Widodo Ardi Saputra, Nur Rochmah Dyah Puji Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.