PERANCANGAN E-LIBRARY PADA PERPUSTAKAAN di SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN WEB SERVICE

Dwi Yulian Budiharjo, Fiftin Noviyanto

Abstract


Perpustakaan merupakan salah satu fasilitas yang sangat penting bagi dunia pendidikan. Pada saat sekarang ini, sebagian besar perpustakaan pada sekolah-sekolah di Indonesia masih menggunakan sistem katalog manual yang berbentuk buku dan kartu-kartu yang berisi data-data buku. Sebagian besar sekolah dasar di kabupaten Puworejo masih menggunakan sistem perpustakaan tradisional yang masih mengandalkan catalog buku secara manual dan terbatas sehingga dapat mengganggu proses belajar mengajar. Dengan dirancangnya E-Library dengan menggunakan web service ini diharapkan bisa membantu dalam menyediakan referensi belajar bagi siswa.

Dalam penelitian iniyang menjadi subjek adalah tiga sekolah dasar yang berada di kabupaten purworejo sebagai model perancangan pada E-Library ini. Metode pengumpulan data dengan metode wawacara, studi pustaka dan observasi. Tahap perancangan meliputi perancangan arsitektur sistem, perncangan arsitektur aliran data, simulasi pengambilan data dari database kemudian di parshing kedalam format xml dan perancangan antarmuka.

Dari penelitian yang dilakukan dihasilkan sebuah perancangan e-library pada perpustakaan di sekolah dasar untuk menyediakan referensi belajar siswa menggunakan web service dengan simulasi tiga database dari tiga digilib dimana masing-masing digilib memungkinkan menggunakan platform yang berbeda.

Kata kunci : Web Service, E-library.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i2.3066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dwi Yulian Budiharjo, Fiftin Noviyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.